Buka Peluang Berkoalisi, Demokrat Ingat Romantisme dengan Golkar

Rabu, 11 Mei 2022 - 10:15 WIB
loading...
Buka Peluang Berkoalisi, Demokrat Ingat Romantisme dengan Golkar
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat mengunjungi Rumah Dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Widya Chandra, Sabtu (7/5/2022). Foto/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat membuka peluang berkoalisi dengan Partai Golkar pada Pilpres 2024. Partai Demokrat merasa tidak punya beban atau kendala untuk bekerja sama dengan partai manapun, termasuk Golkar.

"Terkait kemungkinan koalisi Partai Golkar dan Partai Demokrat, itu sangat dimungkinkan," kata Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani dalam keterangannya, Rabu (11/5/2022).

Dia menuturkan bahwa Partai Demokrat dengan Partai Golkar memiliki rekam jejak kerja sama yang baik. "Dua periode pemerintahan Pak SBY, Partai Golkar selalu menjadi bagian dari koalisi pemerintah," ujarnya.





Bahkan, komunikasi politik dan hubungan kerja sama itu senantiasa terjalin dan terjaga walaupun kini berada di posisi yang berbeda. Partai Golkar saat ini bagian dari koalisi pemerintah, sedangkan Partai Demokrat memilih sebagai oposisi.

Tak hanya itu, kata dia, jalinan kerja sama yang terjaga ini juga terpotret pada Pilkada serentak 2020. Saat itu, Partai Golkar menempati urutan teratas jumlah koalisinya dengan Partai Demokrat dalam mengusung pasangan calon kepala daerah.

Pada beberapa pilkada, koalisi antarkedua parpol ini terbentuk di menit-menit terakhir yang kemudian bisa meloloskan pasangan calon sebagai kontestan yang sebelumnya terancam gagal akibat manuver politik paslon dari parpol lain. "Ini terjadi karena komunikasi politik yang intens, terbangun baik dan terjaga antara kedua partai ini," imbuhnya.

Di samping komunikasi yang terjalin baik, Kamhar melihat kedua partai ini memiliki platform yang sama menempatkan kepentingan rakyat sebagai yang utama dan diutamakan. "Hubungan antara Mas Ketum AHY dan Pak Airlangga Hartarto juga baik, termasuk hubungan Mba Annisa Yudhoyono dan Bu Yanti Airlangga juga sangat baik, keduanya aktif pada kegiatan seni dan budaya," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku partainya akan membuka peluang berkoalisi bersama Partai Demokrat dalam Pilpres 2024.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)