Luhut Ngaku Terpapar Omicron saat Kunjungan Kerja ke Amerika

Senin, 09 Mei 2022 - 16:37 WIB
loading...
Luhut Ngaku Terpapar Omicron saat Kunjungan Kerja ke Amerika
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan mengaku terpapar Omicron saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa dirinya terpapar virus Covid-19 varian Omicron saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat, beberapa waktu lalu. Tak hanya dirinya tapi juga anggota rombongan.

"Kemarin saya ke Amerika ya, rame-rame kita kena Omicron di sana," kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (9/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Luhut mengingatkan bahwa potensi kenaikan kasus Covid-19 masih bisa terjadi. Bahkan, di Amerika saja tiba-tiba melonjak 100.000 kasus per hari. Apalagi, kata Luhut, hingga hari ini kondisi dan situasi pandemi Covid-19 dalam kondisi yang begitu baik.



"Bila dilihat secara nasional, sudah 25 hari berturut-turut kasus harian kita berada di bawah 1.000 dan hari berturut-turut kasus harian di bawah 500," katanya.

Luhut mengatakan bahwa rawat inap secara nasional juga terus turun hingga 97%. Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit juga sangat rendah hanya 2% dari keseluruhan bed yang tersedia. Kemudian, kasus kematian turun hingga 98% yang disebabkan oleh varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7%.

"Berdasarkan data-data di atas kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idul Fitri hingga saat ini masih terkendali," papar Luhut.

Baca juga: Luhut: Tak Ada Lagi Daerah Level 4 PPKM Jawa Bali

Namun, Luhut mengingatkan agar tidak jumawa dengan kondisi kasus Covid-19 di Indonesia yang terus membaik. "Kita tidak bisa jumawa dengan ini, anything could happen," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)