Mahfud MD Mudik ke Madura, Ziarah Makam Sang Ayah dan Sungkem Ibunda

Senin, 09 Mei 2022 - 10:38 WIB
loading...
Mahfud MD Mudik ke Madura, Ziarah Makam Sang Ayah dan Sungkem Ibunda
Menko Polhukam berziarah ke makam sang ayah dan sungkem kepada ibundanya saat mudi ke Madura. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD berziarah ke makam ayahnya di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (8/5/2022). Dalam unggahan foto yang dibagikan melalui akun Twitter, Mahfud terlihat mengenakan kemeja batik cokelat motif tribal dan kopiah. Duduk di sebuah kursi sambil menundukkan kepala, Mahfud memanjatkan doa didampingi sang istri, Zaizatun Nihayati.

Mahfud MD Mudik ke Madura, Ziarah Makam Sang Ayah dan Sungkem Ibunda

Foto/Instagram

Mahfud mengenang kebiasaan yang dilakukan bersama sang ayah. Kebiasaan yang dimaksud adalah sowan atau bersilaturrahmi ke pesantren di Madura. Dengan kegiatan itu, banyak berkah doa dimintakan dari sang kiai.



"Sebelum Ramadan saya sudah berziarah ke makam ayahku, tapi hari ini saya berziarah lagi ke sana. Saat aku kecil ayahku Mahmodin selalu mengajak ke pesantren-pesantren utk minta doa para kiai. Saya disekolahkan sampai ke universitas," tulis Mahfud, dikutip, Senin (9/5/2022).

Bagi Mahfud, berdoa memang bisa saja hanya dari rumah. Namun dikarenakan adanya rasa rindu kepada sang ayah, dia menyempatkan diri untuk berziarah. "Berdoa memang bisa dari rumah tapi saya selalu mengunjungi makam ayah karena rindu," jelasnya.



Di hari yang sama, Mahfud juga mengunjungi ibunya, Siti Khadidjah untuk sungkem. Mahfud menilai ibunya merupakan sosok yang selalu memberikan semangat. "Hari ini saya juga sungkem di pangkuan ibuku Khadijah. Ibuku selalu memberi semangat dan optimisme," ucapnya.

Setelah selesai dan hendak menaiki mobil, kata Mahfud, ternyata ibunya menghampirinya lagi. Mahfud dititipkan pesan agar tidak pernah meninggalkan salat lima waktu.

"Setelah saya masuk mobil, saya dikejar lagi dan dipeluk sambil berdoa dan berpesan, 'jangan lupa sholat, sy selalu berdoa utukmu'," ungkapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)