Century, kasus hukum berbalut bahtera politik

Kamis, 11 Juli 2013 - 08:01 WIB
Century, kasus hukum berbalut bahtera politik
Century, kasus hukum berbalut bahtera politik
A A A
Sindonews.com - Kasus bailout Bank Century tak kunjung mengalami kemajuan penyidikan yang berarti di tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selama dua tahun lebih kasus ini ditangani KPK, tak juga menjerat aktor intelektual dibalik kasus ini.

Pengamat hukum pidana dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan, mengatakan kasus Century merupakan kasus hukum yang berada dalam bahtera politik. Sehingga penyelesaian kasus ini sangat ditentukan oleh kekuatan politik yang ada saat ini.

"Century menjadi peristiwa hukum yang dibalut dengam bahtera politik," kata Asep kepada Sindonews, Kamis (11/7/2013).

Pengaruh politik dalam kasus ini menurutnya sangat kental. Digencarkannya kembali kasus ini oleh Tim Pengawas rekomendasi DPR untuk kasus bailout Bank Century, sangat bernuansa politik jelang Pemilu 2014.

Oleh partai politik tertentu, kasus Century digunakan untuk menjatuhkan citra partai yang berkaitan dengan kasus tersebut, yakni Partai Demokrat. "Century bisa jadi salah satu faktor yang menguntungkan pihak yang diuntungkan dengan terkuaknya kasus itu," tutur Asep.

Partai yang dulu gencar dengan pembahasan kasus yang telah merugikan negara sebesar Rp6,7 triliun ini, ternyata tidak diuntungkan dengan kasus Century yang ditangani KPK. "Tetap saja tidak berkembang kasusnya, sehingga Demokrat dan kawan-kawan di pemerintahan diuntungkan dengan lawan politiknya. Ini tetap kental politiknya karena ini tadinya proses di DPR," jelasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5295 seconds (0.1#10.140)