Cemerlang! Perwira Kopassus Lulusan Terbaik Sesko TNI Ini Ternyata Punya Prestasi Top di AS

Jum'at, 29 April 2022 - 16:22 WIB
loading...
Cemerlang! Perwira Kopassus Lulusan Terbaik Sesko TNI Ini Ternyata Punya Prestasi Top di AS
Komandan Resimen Chandradimuka Akademi TNI Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha (tengah) dalam upacara sertijab di Cilangkap, Jakarta, belum lama ini. Foto: Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Gerbong mutasi perwira tinggi dan menengah di lingkungan Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) kembali bergerak. Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa merotasi sejumlah pejabat di berbagai instansi maupun satuan, baik di level perwira tinggi maupun menengah.

Salah satu perubahan terjadi pada jabatan Komandan Resimen Chandradimuka (Danmenchandra) Akademi TNI. Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/290/III/2022 tanggal 31 Maret 2022, Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha resmi menjabat Danmenchandra Akademi TNI menggantikan Kolonel Pas Doni Irawan.
Baca juga: Profil Dankormar Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto, Pemimpin Pasukan Elite TNI AL

Serah terima jabatan berlangsung di Gedung Bhinneka Eka Bhakti, Akademi TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, belum lama ini. Selain Danmenchandra, dilakukan pula sertijab untuk Perwira Pembantu Perencanaan Program dan Anggaran Direktorat Umum (Pabanrenprogar Ditum) Akademi TNI, Perwira Pembantu Perencanaan Pendidikan (Paban Opsdik Ditdik).

“Kolonel Inf M Yahya selaku Paban Opsdik Ditdik Akademi TNI yang lama dimutasi menjadi Pamen Mabes TNI AD dan digantikan oleh Kolonel Inf Zulkifli. Sementara Kolonel Laut (S) Suprihandono mantan Paban Renproggar Ditum Akademi TNI dimutasi sekaligus bertukar jabatan dengan Kolonel Laut (S) Erjawan yang sebelumnya menjabat sebagai Paban VIII/Sisbang Slog TNI,” bunyi keterangan tertulis Puspen TNI, dikutip Jumat (29/4/2022).

Prajurit Kopassus Berprestasi

Penunjukan Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha untuk sertijab ini cukup menarik perhatian. Edwin dikenal sebagai salah satu perwira Kopassus berprestasi. Lulusan Akademi Militer 1997 ini tercatat sebagai lulusan terbaik Sesko TNI (Wira Adhi Nugraha) pada 2020.

Yang lebih mengesankan, belum lama ini dia menorehkan prestasi cemerlang di Amerika Serikat. Edwin menjadi perwira siswa mancanegara yang meraih penghargaan karya tulis terbaik yaitu peraih Dean of Academic Affair Awards di Joint and Combined Warfighting School, Joint Force Staff College, National Defense University (NDU), Amerika Serikat.

Untuk diketahui, lembaga pendidikan tersebut merupakan salah satu institusi bergengsi bukan saja di negara AS bahkan di level internasional. Atas dasar itulah pimpinan TNI memiliki kepercayaan dan harapan yang besar terhadap Danmen Chandra Akademi TNI yang baru agar dapat memberikan bekal yang optimal kepada para taruna calon kader pimpinan TNI – Polri di masa yang akan datang.

Akademi TNI merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI, berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan dipimpin oleh Komandan Jenderal Akademi TNI yang bertugas menyelenggarakan Pendidikan Pertama Perwira TNI yang bersifat Integratif dalam rangka menyiapkan kader pimpinan TNI. Dalam implementasinya, Menchandra Akademi TNI merupakan Badan Pelaksana Pendidikan Integrasi TNI - Polri Tahap I serta Pendidikan Integratif TNI Tahap II, yang terdiri dari 3 (tiga) Batalyon Taruna dan 1 (satu) Detasemen Taruni.
Baca juga: Daftar Lengkap Mutasi 5 Pejabat Kopassus

Mantan Ajudan Wapres JK
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)