Melayani dan Melindungi Pemudik agar Semua Tiba Selamat

Kamis, 28 April 2022 - 10:46 WIB
loading...
Melayani dan Melindungi Pemudik agar Semua Tiba Selamat
Bambang Soesatyo (Foto: Ist)
A A A
Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI/Kandidat Doktor Ilmu Hukum Unpad/Dosen Fakultas Hukum, Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka

SEMUA akan tiba di tujuan dengan selamat untuk berlebaran di kampung halaman, jika puluhan juta pemudik mau bekerja sama dengan para petugas dari berbagai institusi yang siap melayani dan melindungi.Tertib berlalu lintas dalam perjalanan mudik akan mewujudkan rasa nyaman dan aman.

Pada periode libur Lebaran tahun inilah puluhan juta warga Indonesia memperoleh kesempatan lagi untuk saling berjumpa dan mencurahkan rasa rindu satu sama lain, setelah selama dua tahun lebih harus menahan diri tidak dapat langsung bertatap muka. Kesempatan ini hendaknya tidak disia-siakan.

Kendati pandemi Covid-19 belum berakhir, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melonggarkan beberapa aspek dari pembatasan sosial yang diberlakukan selama periode pandemi. Salah satu pelonggaran itu adalah kebijakan membolehkan masyarakat mudik pada Lebaran tahun ini, dengan syarat pelaku perjalanan mudik sudah menerima suntikanboosteruntuk memperkuat antibodi.

Pelonggaran dan syarat itu ternyata direspons dengan sangat antusias oleh semua elemen masyarakat. Warga pada semua lingkungan ramai-ramai berupaya mendapatkan suntikanbooster. Hasilnya cukup menakjubkan jika mengacu pada hasil penelitian antibodi tubuh terhadap virus atausero serveipada Maret 2022 lalu.

Per Senin (18/4),Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengumumkan bahwa 99,2% masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19, baik antibodi dari vaksinasi maupun infeksi. Capaian itu naik dari hasil sero survei pada Desember 2021 yang 88,6%.

Maka, perayaan Idulfitri 1443 Hijriah tahun ini sudah pasti akan lebih semarak dibanding perayaan dua tahun sebelumnya. Menyadari bahwa masyarakat sangat antusias untuk berlebaran di kampung halaman, kebijakan Presiden membolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik pun sudah direspons berbagai institusi terkait.

Kepolisian Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi untuk upaya meminimalisasi kemacetan lalu lintas kendaraan. Sejumlah institusi bahkan menyediakan dan melayani mudik gratis. Semua langkah persiapan itu tentu saja bertujuan mewujudkan rasa aman dan nyamanbagi semua orang yang melakukan perjalanan mudik tahun ini.

Korps Lalu Lintas Polri bersama Kementerian Perhubungan, termasuk PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol, sudah melakukan serangkaian persiapan untuk melayani dan melindungi pemudik. Persiapan itu juga melibatkan dinas-dinas terkait di sejumlah daerah yang akan dilalui atau daerah yang menjadi tujuan pemudik.

Dengan persiapan itu, semua berharap masyarakat yang melakukan perjalanan mudik tiba di kampung halaman dengan selamat dan bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat.Agar perjalanan mudik nyaman, aman dan tertib, para pemudik diimbau untuk mengikuti arahan para petugas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)