Tinjau Bareng Sirkuit Formula E, Sinyal Jokowi Dukung Anies di 2024?

Selasa, 26 April 2022 - 08:08 WIB
loading...
Tinjau Bareng Sirkuit Formula E, Sinyal Jokowi Dukung Anies di 2024?
Kehadiran Presiden Jokowi menunjukkan dukungan Pemerintah Pusat terhadap penyelenggaraan balapan Formula E. Foto/Instagram @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Kehadiran Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meninjau kesisapan sirkuit Formula E bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantik spekulasi soal dukungan di Pilpres 2024. Benarkah kehadiran Jokowi menjadi sinyal dukungannya untuk Anies pada panggung Pilpres 2024?

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Ujang Komarudin menilai Jokowi hadir meninjau sirkuit Formula E sebagai tugas kepala negara. Baginya kehadiran Jokowi belum cukup dimaknai sebagai tanda dukungan Jokowi terhadap Anies, salah satu nama yang dianggap berpeluang maju di Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024.

"Saya melihat itu sebagai bagian dari tanggung jawab presiden agar bisa mensukseskan gelaran Formula E.Karena bagaimanapun suksesnya Formulas E itu juga suksesnya pemerintah pusat dan gagalnya Formula E juga gagalnya pemerintah pusat," ujar Ujang dihubungi Selasa (26/4/2022).



Ia menyebutkan Pemprov DKI Jakarta tak akan bisa sukseskan pagelaran Formula E tanpa bantuan pemerintah pusat. "Jadi pertemuan dan bincang-bincangnya Jokowi-Anies ini bagian dari sinergi pemerintah pusat dengan Pemprov DKI Jakarta," tutur Ujang.

Ujang meyakini kunjungan Jokowi tersebut tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2024. "Ini soal memantau dan mengawasi pekerjaan sirkuit, agar berjalan tepat waktu dan agar acara Formula E nanti berjalan sukses," terang Ujang.

Ia mengungkapkan apabila berbicara soal Pilpres biasanya para elite politik dan pemerintahan akan bicara dan melakukan lobi-lobi di belakang layar dan baru ditunjukkan ke publik apabila koalisi sudah dipastikan.

'Dan soal Pilpres, Jokowi kelihatannya akan dukung siapapun yang maju menjadi Capres. Artinya akan bersahabat dengan semua Capres," pungkas Ujang Komarudin.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Jokowi meninjau langsung perkembangan proyek pembangunan sirkuit Formula E di Ancol Jakarta Utara pada Senin (25/4/2022) sore.

Dalam kesempatan itu Jokowi tampak berbincang cukup dekat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Jokowi berkeliling meninjau proyek pembangunan sirkuit dengan menggunakan mobil golf yang dikendarai oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)