Bicara COVID-19 di KAA, Puan Tampilkan Komunikasi Positif

Senin, 25 April 2022 - 22:03 WIB
loading...
Bicara COVID-19 di KAA, Puan Tampilkan Komunikasi Positif
Ketua DPR, Puan Maharani dinilai menampilkan komunikasi positif di agenda Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-67. Hal itu karena Puan mengangkat isu aktual, Covid-19 yang dihadapi dunia sekarang. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Ketua DPR, Puan Maharani dinilai menampilkan komunikasi positif di agenda Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-67. Hal itu karena Puan mengangkat isu aktual, Covid-19 yang dihadapi dunia sekarang.

Hal ini dikatakan Pengamat Politik IAIN Gorontalo, Hendra Yasin. Dia menyebut saat ini dunia sedang menghadapi pandemi. Meski di sisi lain, kata Hendra, kasus global sudah dikatakan menurun.

"Dengan Puan mengangkat isu ini, bagi saya adalah sebuah pesan komunikasi yang positif. Komentar Puan tentang ini menurut saya timbulkan semangat energi positif bagi sesama warga dunia," ujarnya, Senin (25/04/2022).

Dunia saat ini, kata dia, butuh saling bekerja sama dan bergandengan tangan hadapi pandemi. Puan dengan pesannya di KAA dapat membawa efek positif rekatkan hubungan antar sesama negara dunia. Kemudian ini ditindaklanjuti dengan kerja sama intens antar sesama negara global untuk hadapi Covid-19.

Hendra melanjutkan saat ini COVID-19 memukul sektor ekonomi juga kesehatan setiap negara. Dengan adanya semangat saling bantu dan bekerja sama, dia optimistis dunia global akan cepat pulih sedia kala dari efek pandemi. Bagi Hendra, kerja sama antar negara menjadi kewajiban dan tidak bisa dielakkan untuk saat ini.

Di sisi lain, lanjuit Hendra, dirinya melihat ada kesamaan pola komunikasi antara Puan dengan Soekarno. Founding father kala itu suarakan masalah aktual dunia yakni masalah imperialisme dihadapi banyak negara. Sementara Puan saat ini menyuarakan masalah pandemi yang menyerang secara global.

"Puan saya katakan teruskan semangat Soekarno di KAA ke-67. Dia menyuarakan apa yang dunia gelisahkan saat ini yaitu Covid-19. Dia vokal seperti kakeknya Soekarno yang suarakan penghapusan imperialisme di masa lalu," jelas Hendra.

Sebagai informasi, Indonesia untuk pertama kalinya menggelar kembali peringatan tahunan KAA paska dua tahun vakum akibat pandemi. Ini karena aktivitas publik juga sudah mulai bisa lebih leluasa seiring dengan kasus Covid-19 yang makin menurun dan makin jinak gejalanya.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan semangat KAA di Bandung 67 tahun silam sangat relevan dengan upaya dunia untuk bangkit melawan pandemi saat ini. Baca juga: Harlah ke-72 Fatayat NU, Puan: Terus Kerja Nyata karena Perempuan adalah Tiang Negara

Jika dulu yang menyatukan bangsa-bangsa di Asia dan Afrika adalah semangat melawan imperialisme dan kolonialisme, maka kini bangsa-bangsa di berbagai negara kembali bersatu untuk melawan pandemi Covid-19 dengan saling sinergis dan bekerja sama.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)