Prediksi SMRC: 3 Poros Koalisi Bakal Bertarung di Pilpres 2024

Minggu, 24 April 2022 - 04:29 WIB
loading...
Prediksi SMRC: 3 Poros Koalisi Bakal Bertarung di Pilpres 2024
Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memprediksi ada tiga poros koalisi yang bakal bertarung di Pilpres 2024. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting ( SMRC ) memprediksi ada tiga poros koalisi yang bakal bertarung di Pilpres 2024 . Salah satunya, poros koalisi yang dipimpin oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu merujuk pada hasil Pemilu 2019, PDIP menjadi partai peraih suara terbanyak. "Poros pertama, PDIP sebagai lead-nya, dia bisa mengambil siapa saja. Mungkin saja PPP biar suasana Islamnya bisa masuk, atau PAN begitu," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dikutip dari channel YouTube SMRC, Sabtu (23/4/2022).

Sedangkan poros kedua diprediksi akan dipimpin oleh Partai Gerindra. Menurutnya, suara Gerindra tak cukup untuk memenuhi ambang batas pencapresan atau Presidential Threshold dan membutuhkan satu partai lagi untuk memenuhi itu.

Baca juga: Soal Poros Islam di Pilpres 2024, PPP: Mau Gagah-gagahan atau Ingin Menang?



"Gerindra itu, dia butuh 1 partai lagi dan PKB cukup. Misalnya Prabowo dengan Cak Imin (Ketua Umum PKB) mungkin saja," katanya.

Dia menuturkan, poros koalisi yang ketiga dipimpin oleh Partai Golkar. Dia menilai Partai Golkar bisa berkoalisi dengan NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) maupun Partai Demokrat.

"Dan Golkar, ini sebagai partai besar. Dia bisa terbuka untuk NasDem, Partai Demokrat terbuka dan untuk PKS," pungkasnya.
(rca)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1999 seconds (11.210#12.26)