Cucu Pendiri NU Apresiasi KSAD Jenderal Dudung Gelar MTQ Saat Ramadhan

Kamis, 21 April 2022 - 04:30 WIB
loading...
Cucu Pendiri NU Apresiasi KSAD Jenderal Dudung Gelar MTQ Saat Ramadhan
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menginisiasi Lomba MTQ Nasional TNI AD 2022. Foto/Dok/TNI AD
A A A
JAKARTA - Cucu salah satu pendiri NU 1926, KH Solachul Aam Wahib Wahab, atau lebih dikenal dengan sebutan Gus Aam Wahib Wahab mengapresiasi langkah Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menggelar MTQ TNI AD 2022 pada bulan suci Ramadhan.

MTQ yang diinisiasi Jenderal Dudung mengusung tema "Melalui MTQN TNI AD 2022 , Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah SWT sebagai Landasan Pengabdian kepada Bangsa dan Negara”.



"Saya mengapresiasi Angkatan Darat mengadakan MTQ. Ini bisa menjalin silaturahmi dan bermanfaat untuk melahirkan qari-qariah terbaik dari prajurit TNI AD, yang mampu berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat," kata Gus Aam dalam keterangan pers, Rabu (20/4/2022).

Menurut Cucu Inisiator, Pendiri dan Penggerak Nahdlatul Ulama KH Wahab Chasbullah ini, kegiatan MTQ sangat bermanfaat untuk merekatkan Angkatan Darat dengan Umat. Angkatan Darat harus semakin dicintai Umat dan rakyat Indonesia terus membekali prajuritnya dengan keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT.

"Sebagaimana kita ketahui bahwasannya TNI lahir dari rakyat. Utamanya lahir dari Hizbullah & Sabilillah. Di mana pada saat itu Tentara Hizbullah sebagian besar dipimpin para Kiai atau putra Kiai atau Habaib/Putra Habaib serta Ustad," jelasnya.



Tentara Hizbullah berjuang mempertahan kemerdekaan RI dari Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia. Sehingga, lanjut dia, kedekatan antara Ulama dengan TNI sangatlah erat bagaikan lem dan perangko.

"Tentu seluruh rakyat Indonesia sangat menginginkan, berharap bahwa TNI, ulama dan umat bersatu padu, bahu membahu. Tolong menolong dalam rangka membangun kualitas sumber daya umat beriman bertaqwa dan berakhlak mulia sebagai landasan Pengabdian kepada agama, bangsa dan negara, demi persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara RI," terangnya.

Sementara itu, Ketua Rekat Indonesia Eka Gumilar juga mengapresiasi langkah Jendral Dudung melaksanakan MTQ pada bulan Ramadhan "ini sangat menyejukan dan membangun silaturahmi yang kuat. Diharapkan Angkatan Darat semakin dicintai Rakyat.

Lomba MTQ Nasional TNI AD 2022 dilaksanakan selama lima hari dari 18–22 April 2022. Lomba ini diikuti oleh 217 orang peserta yang berasal dari Kotama dan Balakpus TNI AD.

Materi lomba yaitu Tilawah, yang dibagi menjadi empat kategori di antaranya, kategori putra terdiri dari prajurit dan PNS di lingkungan TNI AD, kategori putri terdiri dari Kowad, Persit dan PNS di lingkungan TNI AD, kategori putra dan kategori putri dari masyarakat umum.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)