6 Presiden RI Sudah Punya Julukan, Netizen Mulai Mikir buat Jokowi, Jawabannya Tak Terduga!

Minggu, 17 April 2022 - 16:17 WIB
loading...
6 Presiden RI Sudah Punya Julukan, Netizen Mulai Mikir buat Jokowi, Jawabannya Tak Terduga!
Hampir 77 tahun RI merdeka dan sudah sebanyak tujuh Presiden yang memimpin. Sebanyak enam Presiden Indonesia sudah selesai menjalani masa jabatannya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hampir 77 tahun Republik Indonesia merdeka dan sudah sebanyak tujuh Presiden yang memimpin. Sebanyak enam Presiden Indonesia sudah selesai menjalani masa jabatannya. Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan Presiden RI ke-7 yang sudah memasuki periode kedua jabatannya.



Hal ini pun direspons warganet dengan berbagai tanggapan. Mulai yang serius dan jenaka, bahkan ada yang tak terduga. Berikut sejumlah tanggapan warganet yang dirangkum SINDOnews, Minggu (17/4/2022).

marjiyanto76
Gak berani ngasih julukan , takut dicyduk

dwyp_1899
Bapak infrastuktur boleh.. #respectfully

wake_adi
.. Dan belum genap 100 tahun negara ini berangsur kearah keruntuhan .. hutang, Polaris politik, territory mistake, and try to make higher the laws constitution broke down .. you know what in the 75 years early great kingdom sriwijaya do .. they libereted java island become higher culture in the world made sumatran became education place in south Asia ..

junirisma
Bapak nya Kaesang

fendi_felna
Bapak utang bisa atau Bapak Pandemi

pendul_andy
Lah ko nanya saya,wong saya jg ndak tau

riadi3327
Klo bapak jokowi mungkin mendapatkan julukan bpk kesejahteraan

sigalingging.rudi
Takut komen, ntar gak dikasih BLT

Seperti diketahui, 6 Presiden RI telah mendapat julukan. Berikut julukan yang disematkan kepada 6 Presiden RI, seperti dikutip dari laman resmi Instagram Kementerian Setneg @kemensetneg.ri.

1. Bapak Proklamator (Soekarno)

Soekarno atau lebih dikenal dengan sebutan Bung Karno memiliki peranan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda dan sosok yang membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Bapak Pembangunan (Soeharto)

Soeharto adalah Presiden ke-2 Republik Indonesia. Julukan Bapak Pembangunan yang tersemat pada Presiden Soeharto karena memfokuskan program kerjanya terhadap pembangunan ekonomi dan menciptakan landasan untuk pembangunan yang disebut sebagai Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita).

3. Bapak Teknologi (BJ Habibie)

Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie diangkat menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia dikenal memiliki kecerdasan luar biasa dibidang teknologi dan industri pesawat terbang. Hal ini yang menjadikan BJ Habibie mendapat julukan sebagai Bapak Teknologi.

4. Bapak Pluralisme (Abdurrahman Wahid)

Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur adalah tokoh Muslim Indonesia. Pemikirannya dan gagasan yang universal, membuat Gus Dur dijuluki sebagai Bapak Pluralisme.

5. Ibu Penegak Konstitusi (Megawati Soekarnoputri)

Kepemimpinan kemudian dilanjutkan oleh Megawati Soekarnoputri yang menjadi Presiden ke-5 Republik Indonesia. Megawati tercatat sebagai Presiden wanita pertama di Indonesia dan pencetus berdirinya Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). Serta menyiapkan sistem pemilu pertama kali.

Di mana masyarakat Indonesia dapat memilih langsung presiden dan wakil presiden, di samping memilih calon anggota legislatif. Hal ini menjadi alasan mengapa Megawati Soekarnoputri diberi julukan Penegak Konstitusi.

6. Bapak Perdamaian (Susilo Bambang Yudhoyono)

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijuluki sebagai Bapak Perdamaian. Karena pada masa jabatan beliau sebagai Presiden, Indonesia banyak berpartisipasi dalam misi perdamaian dunia, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Seperti Perjanjian Perdamaian Aceh melalui Nota Kesepahaman Helsinki, membangun Pusat Perdamaian dan Keamanan atau Indonesia Peace and Security Center (IPSC).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)