Kemenko Dukung Acara The 10th Padjadjaran Public Relations Fair

Sabtu, 16 April 2022 - 12:41 WIB
loading...
Kemenko Dukung Acara The 10th Padjadjaran Public Relations Fair
The 10th Padjadjaran PR Fair 2022 bertema Ocean Recovery: Reducing Marine Plastic Debris to Combat Climate Change. (Foto: dok Unpad)
A A A
JAKARTA - The 10th Padjadjaran Public Relations (PR) Fair 2022 hadir dengan tema “Ocean Recovery: Reducing Marine Plastic Debris to Combat Climate Change”. Acara ini didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves).

Menurut World Health Organization (WHO), pada 2050 sampah di dunia ini diperkirakan akan mencapai 3,4 miliar ton. Sampah sebanyak itu, terutama sampah plastik, akan menghasilkan gas rumah kaca berbahaya yang berdampak pada perubahan iklim.

Di Indonesia sendiri, sampah plastik mencapai 64 juta ton/tahun dan sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Laut seharusnya menjadi solusi untuk masalah gas rumah kaca. Karena ukuran lautannya, Indonesia berpotensi menjadi penyerap karbon alami terbesar di dunia. Namun, besarnya jumlah sampah plastik yang ada di Indonesia laut bisa menjadi masalah.

Menurut data yang dirilis pada 2015 oleh Jambeck Research Group melalui jurnal berjudul Plastic Waste Inputs From Land Into The Ocean, Indonesia menempati urutan kedua penyumbang sampah plastik ke lautan dunia setelah China. Oleh karena itu, usaha penyelesaian masalah nasional perlu untuk dilakukan, salah satunya melalui sudut pandang public relations.

The 10th Padjadjaran PF Fair 2022 berada di dalam naungan Prodi Hubungan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. The 10th PPRF memiliki perhatian, tujuan, dan maksud yang sama dengan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat akan tanggung jawabnya dalam mengurangi marine plastic debris untuk mengatasi isu climate change. Acara ini berkomitmen untuk mewadahi generasi muda melangkah lebih jauh, melihat lebih luas, dan menciptakan dampak nyata dalam penyelesaian isu sampah plastik melalui perspektif Public Relations.

Dengan dua cabang mata lomba nasional dan internasional, yaitu OlymPRDay dan PRSF, optimis dapat mendorong generasi muda untuk menciptakan perubahan. Total hadiah pada perlombaan The 10th PPRF 2022 sebesar Rp36.000.000. Registrasi dan pengajuan telah dibuka sejak 15 Maret 2022 hingga 25 April 2022. Pendaftaran dapat dilakukan melalui http://epicentrum.fikom.unpad.ac.id/the-10th-pprf. (CM)
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)