Politikus PAN Dorong Perempuan Tempati Posisi Strategis di Ruang Publik

Kamis, 14 April 2022 - 21:40 WIB
loading...
Politikus PAN Dorong Perempuan Tempati Posisi Strategis di Ruang Publik
Anggota DPR, Intan Fauzi mengatakan, perempuan Indonesia terutama di kota besar telah mendapat hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Foto/Kiswondari
A A A
JAKARTA - Perempuan Indonesia terutama di kota besar telah mendapat hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Hal ini dikatakan oleh Anggota DPR Fraksi PAN, Intan Fauzi.

Baca juga: Hari Perempuan Internasional, Kenali 5 Sastrawan Perempuan Indonesia yang Telah Mendunia

Intan Fauzi mengemukakan pandangannya ini dalam Dialektika Demokrasi bertajuk Semangat Kartini, Meneguhkan Eksistensi Kaum Perempuan di Media Center DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (14/4/22).



"Representasi perempuan dalam bidang politik juga meningkat dan mampu menghadirkan berbagai kebijakan yang pro perempuan. Keterlibatan perempuan dalam bidang ekonomi juga meningkat," kata Intan Fauzi.

Anggota Komisi VI DPR ini berharap, perempuan harus lebih banyak lagi menjadi pemimpin di berbagai sektor. Dia pun melihat adanya peningkatan kepemimpinan perempuan hingga 25% di sektor BUMN yang merupakan mitra kerjanya.

"Menteri BUMN sudah meneguhkan bahwa 25% kepemimpinan di BUMN itu harus perempuan, saat ini sekitar 15% perempuan berada di jajaran pimpinan, diharapkan bertahap meningkat dan di 2023 tercapai 25% jajaran Direksi perempuan di BUMN," jelasnya.

Menurut Intan, perempuan sering menjadi garda terdepan di berbagai sektor kegiatan, hal ini harus menjadi perhatian khusus perwakilan yang ada di parlemen untuk memperjuangkan eksistensi perempuan.

Meskipun ia merasa, bahwa terkadang kepemimpinan perempuan ini dipandang sinis bahwa perempuan mau setara atau perempuan mau melebihi laki-laki.

"Tentu kodrat sebagai perempuan harus tetap dijaga, tapi bagaimana peran perempuan yang memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk rakyat harus diberi ruang melalui payung hukum serta program yang ditunjang anggaran," ungkap Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)