LAN Peringkat 3 Pelaksanaan Kinerja Anggaran 2021

Kamis, 14 April 2022 - 07:05 WIB
loading...
LAN Peringkat 3 Pelaksanaan Kinerja Anggaran 2021
Penghargaan diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan diterima langsung oleh Sekretaris Utama LAN Reni Suzana. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara ( LAN ) mendapat peringkat ketiga sebagai institusi dengan kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2021 terbaik untuk kategori kelompok kementerian/lembaga kategori pagu kecil. Adapun penghargaan itu diberikan pada acara rapat koordinasi nasional pelaksanaan anggaran tahun 2022 di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan diterima langsung oleh Sekretaris Utama LAN Reni Suzana. LAN menerima penghargaan itu karena dinilai telah memenuhi 13 indikator utama dalam penilaian kinerja pelaksanaan anggaran dengan predikat sangat baik dengan nilai 95,98.

LAN dinilai mampu mewujudkan pengelolaan anggaran yang baik di masa krisis pandemi Covid-19. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa salah satu indikator pelaksanaan kinerja anggaran yang dikenal oleh setiap kementerian/lembaga diukur dari penyerapan anggaran.





Namun hal ini tidak mengindikasikan secara menyeluruh pelaksanaan kinerja anggaran dinilai baik. Perlu adanya gabungan penilaian dari evaluasi kinerja anggaran melalui aplikasi Eka Smart dan indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) melalui aplikasi OMSPAN yang meliputi empat aspek dan 13 indikator utama.

Lebih lanjut dia menjelaskan sedang menyusun reformasi belanja pemerintah agar program setiap kementerian dan lembaga dapat lebih sederhana untuk mencapai tujuan pembangunan. Di samping itu juga meminta agar anggaran belanja negara dapat direalisasikan dengan tidak berlebihan dan digunakan betul-betul untuk mencapai hasil yang optimal.

Dia mengungkapkan, Kementerian Keuangan bakal terus melakukan pembaruan terhadap desain belanja kementerian lembaga yang tidak hanya didasarkan pada penyerapan anggaran, tetapi juga terhadap target output dan outcome yang jelas. “Kinerja anggaran yang baik ini diharapkan dapat terus dijaga dan ditingkatkan melalui peningkatan kualitas belanja secara konsisten dan pola realisasi belanja yang merata sehingga setiap kementerian/lembaga termasuk LAN memiliki ownership terhadap anggarannya,” katanya dalam Rakornas dengan tema “Spending Better: Mewujudkan Ketahanan Fiskal” itu.



Menanggapi hal itu, Sekretaris Utama LAN Reni Suzana mengungkapkan bakal terus menjaga dan meningkatkan kualitas belanja LAN secara konsisten. Dirinya pun berharap perolehan prestasi ini akan terus memacu semangat kinerja pegawai di LAN.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai LAN atas kinerja baik yang ditorehkan. Semoga capaian ini tidak membuat kita berpuas diri dan senantiasa terus berusaha menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)