Bebas Corona, Disiplin Korlantas saat Operasi Ketupat 2020 Patut Dicontoh

Kamis, 18 Juni 2020 - 18:42 WIB
loading...
Bebas Corona, Disiplin Korlantas saat Operasi Ketupat 2020 Patut Dicontoh
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat penutupan Operasi Ketupat 2020 di Korlantas Polri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengapresiasi kerja keras jajarannya dalam melaksanakan Operasi Ketupat 2020. Meskipun dilaksanakan selama 45 hari penuh siang malam, namun tidak ada jajarannya yang tertular Covid-19.

Kerja keras Polri , khususnya Korlantas ini pun mendapat tanggapan positif dari akademisi, Juanda. Dia menilai, selama Operasi Ketupat 2020, Korlantas Polri telah berjibaku bekerja dengan keras, namun tidak ada yang positif Covid-19 karena menjaga kedisiplinan protokol kesehatan. (Baca juga: Operasi Ketupat 2020, Polri Putar Balik 156.000 Kendaraan Mudik Lebaran)

"Saya melihat dari kacamata kedisiplinan. Disiplin itu bagian dari sebuah pelaksanaan atau implementasi dari ketaatan kepada hukum kemudian bisa juga ketaatan kepada norma yang berlaku. Artinya, kalau seseorang atau kelompok orang itu benar-benar mengikuti anjuran, mengikuti arahan, mengikuti pedoman aturan yang diberlakukan oleh pihak yang berwenang, maka buktinya (aparat) tidak terkena (Covid-19)," ujarnya, Kamis (18/6/2020).

Menurut Guru Besar Hukum Tata Negara Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini, selain difasilitasi dengan sarana yang memadai, Korlantas Polri sangat disiplin menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak. ”Ternyata kalau semua orang menjaga protokol kesehatan, menurutnya, Covid-19 bisa dihindari. Jadi intinya adalah sebuah pembuktian kedisiplinan dan ketaatan kepada anjuran dan ketentuan yang berlaku," tegasnya. (Baca juga: Operasi Ketupat 2020 Polri Diapresiasi Pakar dan Akademisi)

Kemudian, lanjutnya, kedisiplinan dan ketaatan terhadap kebijakan dan arahan pemerintah serta pihak kesehatan ternyata bisa efektif untuk menghindari Covid-19. Karena sudah terbukti dilaksanakan oleh Korlantas saat Operasi Ketupat 2020, maka perlu dicontoh dan perlu diteladani oleh masyarakat terutama dalam rangka menghadapi new normal ke depan. "Saya bukan hanya mengapresiasi tapi menghargai (kerja Korlantas), karena terbukti kalau kita mengikuti aturan hukum yang ada, ternyata dapat menghasilkan orang itu aman nyaman dan terhindar dari Covid-19 ini dan itu sangat besar penghargaan dan apresiasi kita untuk menjadi sebuah keteladanan," ucapnya.

Selain itu, Guru Besar Ilmu Administrasi FISIP UI, Azhar Kasim mengapresiasi Korlantas Polri yang telah memberikan contoh kedisiplinan yang baik kepada masyarakat. "Bagus sekali dan beri contoh disiplin Covid-19 kepada rakyat," katanya melalui pesan tertulis.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)