Operasi Ketupat 2020 Polri Diapresiasi Pakar dan Akademisi

Jum'at, 12 Juni 2020 - 18:01 WIB
loading...
Operasi Ketupat 2020 Polri Diapresiasi Pakar dan Akademisi
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono resmi menutup Operasi Ketupat 2020, melalui upacara penutupan yang digelar di halaman kantor Korlantas Polri, Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono resmi menutup Operasi Ketupat 2020 melalui upacara penutupan yang digelar di halaman kantor Korlantas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 atau virus Corona.

(Baca juga: Operasi Ketupat 2020, Kakorlantas Puji Sinergitas TNI-Polri)

Kakorlantas mengatakan, operasi yang berlangsung 45 hari ini berjalan aman, lancar dan kondusif tanpa ada gangguan berarti. Dia menambahkan, tercatat ada 156.774 kendaraan yang diputar balik di 156 titik penyekatan. Upaya Polri khususnya Korlantas dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 tersebut mendapatkan apresiasi dari banyak kalangan.

Akademisi bidang Psikologi Lalu Lintas (traffic psychology), Prof Guritnaningsih P Santoso mengatakan, kinerja Korlantas Polri dari mulai anggota sampai lapisan atas pada tahun ini sangat baik dalam mengamankan lalu lintas terutama saat Operasi Ketupat 2020 ini 2020.

"Tahun ini mereka menunjukkan kerja keras untuk mencegah arus mudik dan balik. Keterlibatan anggota juga sampai lapisan atas di Korlantas. Mereka memonitor tidak hanya di pusat, tetapi juga memantau di tempat-tempat strategis di luar kota," kata Guritnaningsih, Jumat (12/6/2020).

Berbeda dengan tahun lalu, menurutnya, upaya Korlantas tahun ini hanya memutar balikkan pelanggar dengan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat merupakan langkah tepat di masa pandemi Corona.

"Tindakan yang hanya memutar balikkan saya kira untuk masa sekarang (tidak menentu) cukup tepat karena tidak semua masyarakat siap menghadapi perubahan yang sangat drastis ini. Informasi juga mungkin tidak secara merata sampai ke semua lapisan masyarkat. Jadi tidak semua perilaku yang dianggap "melanggar" dilakukan seluruhnya dengan kesengajaan," tegasnya.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Nurhasan Ismail menyatakan, Operasi Ketupat 2020 yang dilaksanakan jajaran Korlantas memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, Operasi Ketupat ditujukan untuk menjamin Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran berlalu lintas bagi pemudik.

"Tahun ini bersamaan dengan Darurat Covid-19, Jajaran Polantas lebih mendukung upaya pemerintah dan Pemda mencegah terjadinya penularan Covid-19 baik di dalam wilayah daerah maupun Antar wilayah," katanya.

Meski dinyatakan mendukung, menurutnya, namun realitanya jajaran Korlantas harus mengambil peranan utama karena Polantas yang punya kewenangan menghentikan Ranmor di jalan.

"Disinilah Polantas di bawah koordinasi Korlantas harus berjibaku menjalankan tugasnya sebagaimana para tenaga medis yang merawat pasien terpapar Covid-19," kata Nurhasan yang juga penyusun Undang Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Dia juga menegaskan, penindakan terhadap pelanggaran peraturan pencegahan penularan Covid (Permenkes & Permenhub) ditujukan pada pencegahan orang mudik karena berpotensi terjadinya penularan Covid ke wilayah lain dengan memutarbalikkan kendaraan.

"Bahkan jenis penindakan ini lebih dominan dengan memerintahkan putar balik dan di wilayah kota dikenakan sanksi sosial seperti membersihkan lingkungan dengan diberi masker. Disinilah kondisi Darurat Covid menuntut Polantas lebih mengutamakan tercapainya pencegahan penularan Covid karena berkaitan dengan hak hidup setiap orang yang harus dijamin," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)