Di Tengah Demo Mahasiswa, Jokowi Terima Menlu Kanada di Istana

Senin, 11 April 2022 - 15:16 WIB
loading...
Di Tengah Demo Mahasiswa, Jokowi Terima Menlu Kanada di Istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada, Melanie Joly bersama delegasi terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (11/4/2022). FOTO/SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada , Melanie Joly bersama delegasi terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (11/4/2022). Penerimaan kunjungan ini di tengah demo mahasiswa di Jakarta dan sejumlah kota lainnya.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Retno menyatakan bahwa Menlu Kanada menyampaikan dukungan terhadap presidensi G20 Indonesia. Menurut Retno, Kanada juga menyatakan komitmennya untuk terus melakukan komunikasi terbuka dengan Indonesia dalam rangka mempersiapkan cara terbaik G20 dalam menghadapi situasi sulit yang tengah terjadi saat ini.

Selain itu, Retno juga menambahkan bahwa Indonesia mendapatkan dukungan serupa dari seluruh negara anggota G20. "Oleh karena itu, kita ingin bahwa dukungan-dukungan itu kita wujudkan, kita kerja samakan sehingga sekali lagi G20 dapat bekerja secara maksimal di tengah situasi yang sulit ini," kata Retno dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/4/2022).



Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Melanie Joly juga membahas kerja sama ekonomi mengingat Kanada merupakan salah satu mitra perdagangan dan investasi yang cukup penting bagi Indonesia untuk kawasan Amerika Utara. "Kanada merupakan salah satu mitra perdagangan dan investasi yang cukup penting bagi Indonesia untuk kawasan Amerika Utara. Tahun lalu tahun 2021, nilai perdagangan antara Kanada dan Indonesia meningkat cukup signifikan hampir 30%. Sementara investasi meningkat hampir 4%," katanya.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya kedua negara untuk terus memperkuat hubungan kerja sama di bidang ekonomi, salah satunya dengan mengintensifkan negosiasi Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang sudah dimulai negosiasinya sejak Maret 2022. "Bapak presiden menyatakan perlu untuk dipercepat negosiasinya," ucap Retno.

"Selain itu juga dibahas mengenai kerja sama untuk isu clean energy, infrastructure, dan lain-lainnya. Terdapat ketertarikan dari investor Kanada untuk terus berinvestasi di Indonesia," tandasnya.

Baca juga: Potret Cantik Tim Jubir Presidensi G20 Maudy Ayunda
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)