Hikmah Ramadhan Mengontrol Ketamakan

Sabtu, 09 April 2022 - 12:59 WIB
loading...
A A A
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa” (QS. Al Baqarah[2]: 183).

Menurut bahasa, kata taqwa berarti "memelihara" atau "menghindari". Sederhananya, taqwa adalah perwujudan Amar Ma'ruf Nahi Munkar, melaksanakan segala perintah dan menjauhi seluruh larangan Allah SWT.

Menurut pandangan saya, memerangi korupsi salah satu bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Puasa di Bulan Ramadhan seyogianya menjadi stimulus bagi segenap umat manusia untuk belajar membiasakan diri berbuat jujur dan sederhana agar terhindar dari perilaku koruptif, senantiasa teguh mempertahankan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan yang sejatinya menjadi Keutamaan Ramadhan.

Jika sudah membudaya, keutamaan Ramadhan akan membentuk kultur dan budaya antikorupsi dalam setiap tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini, dimana keindahan Nur Ramadhan Insya Allah senantiasa mewarnai karakter masyarakat dan bangsa. Dengan semangat antikorupsi, mari kita jadikan Bulan Suci Ramadhan sebagai sarana untuk membentuk imun antikorupsi agar cita-cita dan tujuan berbangsa dan bernegara yang tak lain mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi segenap bangsa dan rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote dapat benar-benar terwujud apabila korupsi benar-benar sirna dari NKRI.

Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya Firli Bahuri beserta keluarga, menghaturkan permohonan maaf lahir batin atas segala khilaf, utamanya lisan yang tidak berkenan, sikap yang dipandang menyakitkan, janji terucap namun terabaikan, mengingat kami hanya manusia biasa, tentunya tak luput dari khilaf dan dosa. Semoga kita diberi umur panjang yang barokah, bahagia, tentram, dan sehat wal'afiat dalam Ridha Allah SWT, sehingga dapat kembali dipertemukan dengan Bulan Suci Ramadhan di tahun-tahun berikutnya.

Allaahumma sallimnaa Ramadhanaa wasallimnaa ramadhanaa, waghfir lanaa dzunubanaa
Aamiin Yaa Rabbal'aalamiin..

Marhaban yaa Ramadan ...

Terimakasih
Salam FBI, Firli Bahuri untuk Indonesia

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2833 seconds (0.1#10.140)