Kepala BPOM Puji Komitmen Zifivax Capai Kemandirian Farmasi

Sabtu, 09 April 2022 - 06:43 WIB
loading...
Kepala BPOM Puji Komitmen Zifivax Capai Kemandirian Farmasi
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito meninjau fasilitas produksi vaksin Zifivax di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) Penny Kusumastuti Lukito meninjau perkembangan produksi vaksin Covid-19 di dalam negeri. Dia meninjau fasilitas produksi vaksin Zifivax di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/4/2022).

“Saya selalu mengatakan bahwa di balik musibah pandemi ini pasti ada hal positif. Saya mengikuti dari awal, dari tidak ada vaksin menjadi ada, dan ini merupakan suatu kebanggaan,” ujar Penny.

Menurutnya, pandemi Covid-19 mempercepat pelaksanaan Inpres Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. “Perkembangannya cepat dan besar sekali, khususnya terkait vaksin Covid-19,” tuturnya.





Adapun Zifivax adalah vaksin Covid-19 yang didaftarkan oleh PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio) dan telah mendapatkan mendapatkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM untuk digunakan sebagai vaksin dosis primer maupun booster. PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio) bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia untuk melakukan Toll Manufacturing guna menghadirkan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri yang efektif, aman, dan halal bagi rakyat Indonesia.

Sementara itu, kunjungan Penny Lukito untuk meninjau proses produksi dalam negeri vaksin Zifivax disambut baik oleh Direktur Utama PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio) Mahendra Suhardono. Terlebih, vaksin Zifivax sudah diuji klinis di Indonesia dan halal, sehingga penggunaannya bakal sangat sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

“Kami sangat berkomitmen dalam kemandirian nasional terutama di bidang farmasi, kami sedang membangun pabrik vaksin Covid-19, dan akan ada vaksin lainnya juga. Apa yang dibutuhkan Indonesia dan regional, akan kami produksi di Indonesia,” kata Mahendra Suhardono.



Diketahui, vaksin Zifivax telah mendapatkan Izin Penggunaan Darurat dari BPOM serta dinyatakan halal dan suci melalui fatwa MUI pada Oktober 2021. BPOM pada Januari 2022 menyatakan Zifivax aman dan efektif digunakan sebagai booster.

“Vaksin Zifivax sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Ada transfer teknologi dan ilmu pengetahuan dalam proses produksinya, ada semangat kemanusiaan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia,” imbuhnya.

Penggunaan vaksin Zifivax sebagai booster diyakini mampu meningkatkan Neutralizing Antibody jauh lebih tinggi dibandingkan subyek yang divaksinasi dengan Vaksin Inactivated sebagai booster. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian independen di National Center For Infectious Diseases, Beijing Ditan Hospital, Capital Medical University Beijing.

“Produksi dalam negeri vaksin Zifivax ini merupakan upaya yang penting untuk mempercepat kemandirian nasional dalam bidang farmasi dan vaksin Zifivax ini juga merupakan vaksin rekombinan pertama yang diproduksi di dalam negeri,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)