5 Menit Panggilan Soeharto yang Bikin Prabowo Sadar Sebelum Perang ke Timor Timur

Kamis, 07 April 2022 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Prabowo menceritakan pertemuan dengan Presiden Soeharto hanya berlangsung lima menit. Tidak ada bekal uang yang diberikan, tapi hanya tiga ucapan: ojo lali, ojo dumeh, ojo ngoyo.

Prabowo mengaku awalnya juga kaget karena hanya diberi pesan. Namun dalam perjalanan pulang dari Cendana, ia terus merenungkan pesan itu. Akhirnya Prabowo sadar bahwa itu bukan pesan biasa. Pesan itu mempunyai makna yang dalam.

Pesan itu tak ubahnya 'ucapan sakti' yang keluar dari Panglima Tertinggi. Pak Harto adalah jenderal perang yang sarat pengalaman tempur. "Ojo lali berarti jangan lupa terhadap semua pelajaran yang engkau terima. Pelajaran dari orang tua, agama, sekolah sampai pelajaran militer," ucapnya.

Prabowo melanjutkan, ojo dumeh berarti jangan sombong. Orang yang sombong biasanya meremehkan musuh sehingga lengah. Orang yang sombong juga biasanya tidak teliti, karena overconfident. Adapun ucapan sakti ketiga, ojo ngoyo berarti jangan memaksakan diri.

"Jangan memaksakan anak buah. Ada kemampuan, tapi ada juga batas kemampuan. Kita tidak boleh bernafsu," kata mantan Danjen Kopassus ini.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)