Ini penyebab separatisme berkembang di Indonesia

Sabtu, 06 April 2013 - 11:24 WIB
Ini penyebab separatisme berkembang di Indonesia
Ini penyebab separatisme berkembang di Indonesia
A A A
Sindonews.com - Separatisme adalah suatu gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan suatu wilayah yang berada di dalam suatu negara. Gerakan ini seakan tidak pernah berhenti mengancam kedaulatan NKRI di daerah.

Ketua Umum Partai Hanura Wiranto menjelaskan, potensi gerakan separatisme yang ada di Indonesia disebabkan oleh dua pendekatan, yakni pendekatan kultural dan struktural.

Pendekatan kultural meliputi keragaman etnik, budaya dan agama. Sedangkan pendekatan struktural meliputi ekonomi, politik dan hukum.

"Orang memisahkan diri itu kalau merasa hidupnya sudah tidak nyaman," ujar Wiranto saat menjadi keynote speaker di acara seminar 'Fenomena separatisme di Indonesia salah satu rangkaian acara Pemuda Indonesia dan ancaman disintegrasi bangsa' yang diadakan di Fakultas Fisip UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Sabtu (6/4/2013).

Menurut Wiranto, timbulnya gerakan separatis di Indonesia juga di sebabkan oleh faktor internal yaitu ekonomi Indonesia yang semakin tidak stabil, keadilan yang tidak merata dan faktor sejarah. Faktor eksternalnya yakni adanya pengaruh dan dukungan dari pihak asing yang memiliki kepentingan tertentu.

"Dua faktor itu cenderung mendorong lahirnya gerakan separatis di daerah. Untuk itu, kecepatan dan kepekaan pemerintah dibutuhkan apa yang menjadi keinginan rakyat di daerah," ujarnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8528 seconds (0.1#10.140)