Ketua MUI Bagikan Cerita Awali Puasa Ramadhan Tahun Ini di Madinah

Minggu, 03 April 2022 - 08:11 WIB
loading...
Ketua MUI Bagikan Cerita Awali Puasa Ramadhan Tahun Ini di Madinah
Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh berbagi cerita saat mengawali puasa Ramadhan di Kota Madinah. Foto/Instagram @niam_sholeh
A A A
JAKARTA - Ketua MUI Bidang Fatwa KH Asrorun Niam Sholeh mengawali bulan puasa Ramadhan 1443H di Madinah, Arab Saudi. Dia menyebut umat Islam yang berada di Saudi memulai puasa sesuai dengan Ketetapan Pemerintah melalui Hasil Rukyah yakni pada Sabtu, 2 April 2022.

"Metode dan praktik penetapannya sama dengan di Indonesia, hanya saja seluruh umat Islam mengikuti keputusan pemerintah," kata Niam dalam keterangan tertulis, Minggu,(03/4/2022).



Lalu untuk pelaksanaan shalat jamaah Arab Saudi, kata Niam kini sudah kembali normal. Dimana shaf kembali dirapatkan, daya tampung maksimal; tetapi tetap dengan hibauan memakai masker.

"Untuk berkunjung ke tempat mustajab seperti Raudhah (yang dlm setiap kesempatan menjadi fokus jamaah sehingga membludak) diberlakukan model pendaftaran memalui aplikasi dan dilakukan antrian untuk ketertiban. Dan sangat tertib,"ujar dia.

Mengawali buka puasa pertama di Masjid Nabawi, Niam melihat jamaah dapat melaksanakan buka puasa bersama, yang disediakan oleh takmir masjid dan para muhsinin.

"Saya juga bergabung ikut buka bersama tanpa ngobrol. Himbauan boleh bukber tanpa ngobrol bisa dipraktikkan di Masjid Nabawi," tuturnya.

Untuk pelaksanaan salat tarawih, Masjid Nabawi kini pun diperbolehkan dipenuhi secara maksimal. Masjid berkapasitas sekitar 1 juta jamaah ini pun penuh. Petugas langsung mengarahkan jamaah lain ke lantai atap (rooftop) dan di halaman masjid.

"Halaman masjid pun nampak penuh. Kok tahu? Karena saya termasuk yang terhalang masuk dan akhirnya shalat tarawih di halaman, padahal hadir sebelum waktu Isya tiba," ujar dia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)