Jelang Ramadhan, PMI yang Divonis Kanker Stage 4 Berhasil dipulangkan

Sabtu, 02 April 2022 - 19:15 WIB
loading...
Jelang Ramadhan, PMI yang Divonis Kanker Stage 4 Berhasil dipulangkan
Pengurus Partai Nasdem di Malaysia berhasil membantu memulangkan Riwayati, PMI penderita kanker asal Desa Sukorejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur ke Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Politik kemanusiaan yang dilakukan Partai Nasdem terhadap para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri tak perlu dipertanyakan lagi. Nasdem merupakan partai yang paling terdepan dan perhatian dalam membantu para PMI yang mengalami kesulitan.

Terbaru Kamis (31/3/2022), pengurus Partai Nasdem di Malaysia berhasil membantu memulangkan Riwayati ke Indonesia dari Malaysia. Riwayati adalah PMI asal Desa Sukorejo, Dusun Sukoanyar, Kecamatan Tirtotudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ia dipulangkan karena menderita kanker stage 4.

Sebelum sakit kanker, Riwayati bekerja di salah satu warung kopi milik WN Malaysia. Namun sejak sakit setahun yang lalu, beliau tidak lagi bekerja serta tidak memiliki pendapatan bulanan.

Merasa iba dengan penderitaan yang dialaminya, kader Partai Nasdem di Malaysia secara sukarela bergotong royong membantu Riwayati dari membiayai tiket penerbangan untuk pulang hingga membayar denda imigrasi. Ketika tiba di Indonesia (Bandara Juanda, Surabaya) juga dijemput dan diantar sampai ke rumahnya oleh pengurus Nasdem.

Saat ini atau jelang Ramadhan 1443 H, Riwayati sudah berada di kediamannya di Jalan Sampang RT 12, RW 03, Desa Sukorejo, Malang.

Ketua bidang Migran DPP Partai Nasdem, Yulisa Baramuli menyatakan terharu dan sangat mengapresiasi aksi nyata yang telah dilakukan oleh para kader Partai Nasdem di Malaysia maupun di Jawa Timur, khususnya Kota Malang yang telah membantu memulangkan Riwayati.

"Yang pertama, saya patut mengapresiasi kerja kader NasDem yang sangat peduli terhadap nasib saudara kita yang berada luar negeri khususnya yang menderita sakit parah dan memulangkan ke Tanah Air," ujar Yulisa dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/4/2022).

Mantan Wakil Bupati Minahasa Utara ini mengakui semangat restorasi dan saling membantu antar sesama yang disampaikan oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh benar-benar tertanam di dalam hati para kader.

"Karena itu dengan suka rela, tanpa dibayar mau membantu saudaranya yang sedang mengalami kesulitan," ucapnya.

Ia juga bersyukur Partai Nasdem tetap komit dan konsisten untuk memberikan advokasi dan bantuan bagi PMI yang berada di luar negeri meskipun statusnya legal maupun ilegal.

Banyak PMI yang masuk ke Malaysia dengan jalur turis atau pelancong dan tidak pernah memiliki izin kerja yang sah menurut aturan Kerajaan Malaysia. Tapi, Nasdem tetap memberikan bantuan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)