Nilai Dasar Berakhlak Diharapkan Ubah Pola Kerja ASN

Jum'at, 01 April 2022 - 23:09 WIB
loading...
Nilai Dasar Berakhlak Diharapkan Ubah Pola Kerja ASN
Workshop Kepemimpinan Bagi Kepala Perangkat Daerah Lingkup Provinsi Kalteng Tahun 2022 dengan mengangkat tema ASN Berakhlak, Kalimantan Tengah Penuh Keberkahan, Kamis 31 Maret 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Nilai dasar atau core values Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK diharapkan bisa mengubah pola kerja para ASN. Hal ini dikatakan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran.

Baca juga: Presiden Jokowi Luncurkan Core Values ASN Berakhlak

Pernyataan ini disampaikan Sugianto Sabran dalam workshop Kepemimpinan Bagi Kepala Perangkat Daerah Lingkup Provinsi Kalteng Tahun 2022 dengan mengangkat tema ASN Berakhlak, Kalimantan Tengah Penuh Keberkahan, Kamis 31 Maret 2022.

Core values Berakhlak merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Hal ini sejalan dengan lima prioritas kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang dua di antaranya adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan simplifikasi penyederhanaan birokrasi.

"Kami tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini hasil kolaborasi kami dengan ESQ. Sangat luar biasa. Harapan kami tentu mengubah pola kerja ASN jajaran Pemerintah Provinsi," kata Sugianto Sabran dalam keterangannya, Jumat (1/4/2022).

"Nantinya kami akan membumikan di Kalimantan Tengah sama di kabupaten/kota sampai nanti semua organisasi yang ada di Kalimantan Tengah," tambah Sugianto.

Untuk itu Sugianto pun mengimbau agar core values ini dapat diterapkan di setiap provinsi di Indonesia. "Harapan saya teman-teman gubernur yang lain juga di seluruh Indonesia melaksanakan yang sama. Mari kita bumikan ASN Berakhlak sehingga Indonesia ini penuh berkah," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mendukung dan pihaknya mendorong optimalisasi kinerja pelayanan publik bagi para ASN di Kalteng.

"Apresiasi saya kepada Gubernur Kalimantan Tengah yang telah melaksanakan kegiatan ini. Hal ini tentu menunjukkan komitmen yang luar biasa dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam menciptakan budaya kerja Berakhlak, khususnya bagi seluruh ASN Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah," ujar Suhajar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3786 seconds (11.210#12.26)