Beda Awal Ramadhan, MUI Minta Masyarakat Jaga Persatuan

Jum'at, 01 April 2022 - 21:39 WIB
loading...
Beda Awal Ramadhan, MUI Minta Masyarakat Jaga Persatuan
Ketua MUI, Abdullah Jaidi meminta masyarakat agar terus menjaga persatuan dan kesatuan. Meski adanya perbedaan penentuan awal 1 Ramadhan 1443 Hijriah. Foto/Faisal Rahman/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Abdullah Jaidi meminta masyarakat, terus menjaga persatuan dan kesatuan. Meski adanya perbedaan penentuan awal 1 Ramadhan 1443 Hijriah.



"Muhammadiyah yang akan memulai puasa esok hari Sabtu, tidak mengurangi arti kebersamaan kita," kata Abdullah mendampingi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat pembacaan hasil sidang isbat yang disiarkan secara online Jumat,(01/04/2022).



"Kita boleh berbeda tetapi kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita terutama di saat kita melaksanakan ibadah Ramadhan," tambahnya.

Abdullah pun turut mengajak umat Islam agar menjadikan momentum Ramadhan untuk tingkatkan kebersamaan. Termasuk, guna menghindari segala perselisihan perbedaan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Perbedaan yang ada adalah membawa rahmat selamat. Kita senantiasa mengacu kepada bagaimana menyatukan hati bersama, untuk membangun bangsa dan negara ini," tuturnya.

Sementara itu, Menag Yaqut juga mengingatkan, agar masyarakat khususnya umat Islam untuk menjaga keamanan, persatuan, dan ketertiban. Hal ini agar bangsa Indonesia dapat menjadi masyarakat yang benar-benar moderat dan toleran dalam menjaga NKRI.

"Saya selaku Menteri Agama mewakili pemerintah menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin. Menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H bagi seluruh umat muslim di Indonesia," ujar Menag.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)