Laksamana TNI Yudo Margono Temui KSAL Amerika Bahas Keamanan Regional dan Global

Kamis, 31 Maret 2022 - 14:34 WIB
loading...
Laksamana TNI Yudo Margono Temui KSAL Amerika Bahas Keamanan Regional dan Global
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono bertemu Kepala Staf Angkatan Laut atau Chief of Naval Operations/CNO Amerika Serikat (AS), Laksamana Mike Gilday di Pentagon, Washington, Amerika Serikat.Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bertemu Kepala Staf Angkatan Laut atau Chief of Naval Operations/CNO Amerika Serikat (AS), Laksamana Mike Gilday di Pentagon, Washington, Amerika Serikat.

Pertemuan tersebut membahas pentingnya kerja sama antara kedua negara dalam menghadapi masalah keamanan maritim, keamanan regional dan global.

Dalam pertemuan tersebut, Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan apresiasi kepada Laksamana Mike Gilday atas kerja sama yang sudah dilaksanakan dan berharap agar ke depannya dapat meningkatkan program yang sudah berjalan. Tidak hanya itu, Yudo juga berterima kasih karena selalu diundang dalam latihan-latihan multilateral maupun bilateral oleh US Navy.



Yudo berharap ke depannya TNI AL selalu dilibatkan dalam latihan-latihan yang menunjang profesionalisme prajurit TNI AL termasuk kegiatan Rimpac 2022 di Hawaii. Dalam kesempatan itu, Yudo juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan kepada dua kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk mengikuti pendidikan di United States Naval Academy (USNA) di Annapolis, Maryland.


”Ini baru pertama kali dilaksanakan. Kedua kadet asal Indonesia tersebut mendapat beasiswa penuh dari pemerintah AS sampai dengan selesai masa pendidikannya,” ucapnya.



Sementara itu, Laksamana Gilday juga menekankan mengenai komitmen untuk melanjutkan dialog dan membangun hubungan pertahanan bilateral yang kuat. “Tantangan maritim saat ini membutuhkan interoperabilitas dan kehadiran alutsista sehingga bersama-sama kita akan terus menjaga maritim bersama terbuka dan bebas saat kita mempromosikan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran Indo-Pasifik.” kata Laksamana Gilday.

Laksamana Gilday menyebut selama lebih dari 70 tahun, Indonesia telah menjadi mitra yang berharga. ”Telah terjalin kemitraan strategis yang kuat antara Indonesia dan AS dan saya berterima kasih atas sejarah panjang kolaborasi, kerja sama, dan pelatihan tersebut,” ujarnya.

Kedua pemimpin Angkatan Laut tersebut kemudian mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai dalam beberapa tahun terakhir mengenai kerja sama antara kedua angkatan laut, sehingga ke depan dapat lebih meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari program latihan dan latihan antar kedua negara, serta dialog kebijakan pertahanan secara umum.

Selain kunjungan kerja ke CNO, Yudo juga telah mengunjungi Secretary of Navy Carlos Del Toro, dan akan melanjutkan kunjungannya ke Dubes RI di Amerika serta CC ke United States Naval Academy (USNA). Dalam kegiatan ini, Yudo di dampingi Asisten Intelijen (Asintel) KSAL Laksda TNI Angkasa Dipua, Asisten Operasi (Asops) KSAL Laksda TNI Dadi Hartanto, Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)