Elektabilitas Partai Perindo Dekati Ambang Batas 4%, Pengamat: Raih Kepercayaan Rakyat

Selasa, 29 Maret 2022 - 13:20 WIB
loading...
Elektabilitas Partai Perindo Dekati Ambang Batas 4%, Pengamat: Raih Kepercayaan Rakyat
Elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menuju Pemilu 2024 terus meningkat melampaui sejumlah partai politik yang saat ini berada di parlemen. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) menuju Pemilu 2024 terus meningkat melampaui sejumlah partai politik yang saat ini berada di parlemen. Hal ini merujuk pada hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang menempatkan tingkat keterpilihan Partai Perindo yang mampu menyalip Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN), bahkan menempel ketat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pengamat politik Arif Nurul Iman mengatakan bahwa meningkatnya elektabilitas Partai Perindo yang mampu menyalip dan mendekati elektabilitas sejumlah parpol di Senayan, mengisyaratkan kerja keras telah dilakukan jajaran pengurus Partai Perindo dari tingkat atas hingga bawah maupun para simpatisan. Upaya tersebut, lanjutnya, mendapatkan respons positif dari masyarakat, sehingga mendapatkan kepercayaan dari publik.

"Partai Perindo telah menuai apresiasi serta dukungan publik, dan terhadap elektabilitas Partai Perindo yang melampaui partai politik di parlemen, tentu saja ini merupakan buah dari kerja politik yang telah dilakukan selama ini oleh seluruh jajaran pengurus dan kader maupun simpatisan Partai Perindo," kata Arif di Jakarta, Selasa (29/3/2022).





Berkaca dari survei tersebut, pada pemilu mendatang yang akan berlangsung 14 Februari 2024, Partai Perindo harus optimal agar dapat menembus ambang batas parlemen (parliamentary threshold) 4 persen. Terlebih sejauh ini, Partai Perindo semakin gencar-gencarnya melakukan berbagai program kerja kerakyatan, aksi sosial bagi masyarakat serta perekrutan bakal calon anggota legislatif melalui Konvensi Rakyat, sehingga dipastikan mampu merebut kemenangan di Pemilu 2024.

"Saya kira menuju Pemilu 2024 bukanlah waktu yang pendek. Di tengah sisa waktu ini, Partai Perindo bisa memaksimalkan kerja-kerja politik dan melakukan advokasi di masyarakat, sehingga bisa mencapai ataupun melebihi parliamentary threshold sebanyak 4 persen," ujar Direktur IndoStrategi Research and Consulting ini.

Survei tersebut dapat menjadi pemacu dan referensi bagi seluruh pengurus dan kader Partai Perindo untuk terus melakukan kerja-kerja nyata bagi kepentingan masyarakat utamanya dalam menatap Pemilu 2024. Sebelumnya, Indonesia Political Opinion (IPO) pada Kamis (28/3/2022), merilis elektabilitas parpol yang akan bertarung di Pemilu 2024.

Dalam survei IPO, elektabilitas Partai Perindo sebesar 3,8 persen. Adapun, elektabilitas di bawah Partai Perindo yakni PPP sebesar 2,6 persen dan PAN dengan elektabilitas sebesar 2,2 persen. Elektabilitas Partai Perindo juga membayangi PKB dengan perolehan 4.6 persen.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)