Bantu UMKM, Puan Tunjukkan Sikap Politik Kerakyatan

Senin, 28 Maret 2022 - 21:23 WIB
loading...
Bantu UMKM, Puan Tunjukkan Sikap Politik Kerakyatan
Lembaga Kajian IDEA menilai kepedulian Puan Maharani pada sektor UMKM menunjukkan sikap politik kerakyatan politikus PDIP ini. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Program bantuan pelatihan digital bagi UMKM belum lama ini dilakukan Ketua DPR Puan Maharani , di Sukoharjo, Jawa Tengah. Lembaga Kajian Institute of Developing Indonesian Economy (IDEA) menilai kepedulian Puan pada sektor UMKM menunjukkan sikap politik kerakyatan politikus PDIP ini.

Pengamat ekonomi IDEA, Candra Surya Utama menyatakan, sikap Puan tidak bisa dilepaskan begitu saja dari PDIP. Selama ini PDIP adalah partai yang memang menyasar dan memposisikan dirinya dekat dengan rakyat kecil. Jadi tindakan politik Puan adalah turunan dari karakter PDIP tempat dia bernaung.

"Ketika Puan melakukan program pelatihan digital bagi UMKM, Puan menunjukan politik kerakyatan serta peduli pada rakyat kecil," katanya melalui keterangan tertulis, Senin (28/03/2022).



Candra mengaku tidak heran akan dengan program kerakyatan tersebut. Sebab, PDIP dalam sepak terjangnya selalu peduli pada isu-isu wong cilik. Ketika Puan membantu UMKM, maka dia sedang menunjukkan ideologi politiknya yang peduli dan sifatnya mengadvokasi rakyat kecil. Ini juga sejalan dengan sikap dan ideologi politik kakeknya, Soekarno yang pro rakyat kecil.

Candra menyebut program yang dilakukan baik dan perlu diapresiasi. Dia juga berpesan agar program ini dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Sebab saat ini ada kurang lebih 64 juta pegiat UMKM. Dengan adanya pelatihan digital akan membuat mereka lebih dapat memaksimalkan keuntungannya.

"Saya pribadi mengapresiasi program Puan untuk membantu UMKM. Sebab jika tak melek digital, UMKM akan tergilas dengan perubahan zaman yang terjadi saat ini," katanya.

Baca juga: Bertemu Ketua Parlemen Timor-Leste, Puan Singgung Penyelesaian Batas Negara

Sebagai informasi, Puan memiliki program pendampingan digital yang dilakukan bagi komunitas pengusaha jamu di Sukoharjo, Jateng. Ketua umum Laskar Jamu Gendong Indonesia Lasmi bahkan mengapresiasi positif program Puan karena signifikan meningkatkan penjualan mereka. Selain itu membuat mereka dapat memasarkan produk jamu ke daerah luas se-Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)