Ganjar Ingin Startup Baru Bisa Bersaing dan Menjadi Unicorn

Senin, 28 Maret 2022 - 08:56 WIB
loading...
Ganjar Ingin Startup Baru Bisa Bersaing dan Menjadi Unicorn
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan hadiah kepada para pemenang di Hetero Space Surakarta.
A A A
SURAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Hetero for Startup yang sudah berjalan dua season bisa memunculkan startup-startup baru yang bisa bersaing di level nasional dan global. Bila terus diberikan pelatihan dan pendampingan, tidak menutup kemungkinan akan menjadi unicorn baru.

"Harapan kita pengen startup baru muncul, bisa bersaing secara sehat. Saya ingin anak-anak muda terus berkreasi, dan fasilitas ini bisa digunakan. Kalau ini kita latih terus maka akan tumbuh unicorn-unicorn baru," kata Ganjar saat menghadiri Hetero for Startup Season 2 sekaligus memberikan hadiah kepada para pemenang di Hetero Space Surakarta.

Ganjar menjelaskan, perkembangan startup baru dapat dilihat dari pelaksanaan Hetero for Startup Season 2. Peserta yang mengikuti Hetero for Startup Season 2 ini sebanyak 1.600 tim. Meningkat 200 persen dari penyelenggaraan sebelumnya yang hanya 475 tim.

"Artinya anak-anak muda di Indonesia sangat berkeinginan menjadi seorang entrepreneur, punya kreativitas tinggi untuk membuat startup dan coverage-nya seluruh Indonesia," kata Ganjar.

Kemunculan startup baru itu menurut Ganjar juga menjawab tantangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar meningkatkan startup lokal yang mampu bersaing di level global. Selain itu juga menjawab keinginan Jokowi agar pembelian produk dalam negeri ditingkatkan.

"Entrepreneur kita masih kalah dengan Singapura dan Malaysia. Ini mau kita dorong terus-menerus sehingga mereka yang punya produk apa pun bisa memiliki unit usaha yang bisa mengembangkan bisnis. Inilah stimulan untuk bisa mendorong entrepreneur muda tumbuh," jelas Ganjar.

Dalam Hetero for Startup Season 2, juara satu diraih oleh startup Tambiyaku yang fokus pada makanan. Juara kedua diraih Tabula dan juara ketiga Natureline. Ganjar mendorong agar para pemenang bisa segera masuk dalam e-commerce.

"Tantangan itu sangat terbuka luas dan antusiasme kawan-kawan cukup tinggi. Gunakan dengan baik fasilitas ini. Kepentingan pemerintah mendorong agar bisa mengembangkan unit usaha jauh lebih banyak," kata Ganjar.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)