Isu Reshuffle Rabu Pon, Perindo: Presiden Paling Tahu Kapan Waktunya

Selasa, 22 Maret 2022 - 21:31 WIB
loading...
Isu Reshuffle Rabu Pon, Perindo: Presiden Paling Tahu Kapan Waktunya
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Politik dan Kebijakan Publik Heri Budianto mengatakan, Presiden Jokowi paling tahu kapan waktunya reshuffle. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di tengah kehebohan isu reshuffle atau kocok ulang kabinet pada Rabu Pon besok, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menanggapinya dengan santai. Karena sebagai partai pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin, Perindo menyerahkan sepenuhnya kepada presiden.

“Kami menyerahkan sepenuhnya kepada presiden langkah-langkah seperti apa yang dilakukan Pak Presiden,” kata Ketua DPP Partai Perindo Bidang Politik dan Kebijakan Publik Heri Budianto dalam MNC Prime News yang bertajuk “Isu Reshuffle Kabinet Jelang Rabu Pon” Selasa (22/3/2022) malam.

Pria yang akrab disapa Herbud ini menjelaskan, selain memiliki hak prerogatif, presiden juga tahu persis kapan waktu untuk melakukan reshuffle itu, dan apakah reshuffle itu penting untuk dilakukan. “Tentu presiden paling tahu kapan waktunya, apakah penting, atau mungkin juga urgensi reshuffle yang disampaikan sudah 5 kali dalam periode isu reshuffle itu,” ujarnya.



Adapun isu ini yang sudah diembuskan 5 kali selama periode kedua Jokowi, Herbud memprediksi isu ini muncul karena adanya sejumlah dorongan-dorongan dari berbagai pihak, termasuk salah satunya lembaga survei. Selain itu, Rabu Pon yang sudah dikaitkan oleh publik dan juga media sebagai hari sakral bagi Jokowi melakukan reshuffle. “Tentu dalam situasi sekarang, saya sangat yakin teman-teman di KSP itu lebih tahu,” imbuh Herbud.



Soal apakah isu ini mengganggu kinerja kabinet, Herbud meyakini tidak. Sebab, presiden yang paling tahu situasi di dalam pandemi yang belum berakhir dan juga bagaimana kinerja para menterinya. Walaupun ada beberapa persoalan-persoalan yang ada di masyarakat, tentu presiden memiliki ukuran tersendiri bagaimana agar kinerja para pembantunya ini masih bisa memperkuat basis kerja pemerintah.

“Ini sangat penting karena dalam masa sekarang, situasi sekarang, tidak mudah bagi pemerintah untuk menjalankan roda pemerintahan. Tapi upaya-upaya itu dilakukan maksimal oleh pemerintah, oleh Presiden Jokowi selaku pimpinan pemerintahan, memaksimalkan kerja-kerja yang ada,” paparnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)