Reuni di ADC Australia, Nama KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Diabadikan di Daftar Alumni Kehormatan

Selasa, 22 Maret 2022 - 10:34 WIB
loading...
Reuni di ADC Australia, Nama KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Diabadikan di Daftar Alumni Kehormatan
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo melakukan kunjungan nostalgia ke Australian Defence College (ADC) sebagai alumnus. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo melakukan kunjungan nostalgia ke Australian Defence College (ADC) sebagai alumnus. Fadjar disambut dengan pengabadian namanya di daftar alumni kehormatan (Honour Board of Distinguished Graduates) karena berhasil mencapai puncak karir sebagai KSAU, dengan pangkat bintang empat (Marsekal TNI).

Untuk diketahui, ADC merupakan lembaga pendidikan dan latihan yang membawahi Australian War College yang menaungi Defence & Strategic Studies Course (DSSC). Selain DSSC, ADC juga membawahi Australian Defence Force Academy (ADFA), Australian Defence Force Training Centre (ADFTC), Centre of Exelence dan Defence Education Learning & Training Academy (DELTA).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan kedatangan KSAU disambut dengan meriah oleh sivitas ADC. Hal ini dikarenakan sebelumnya Marsekal Fadjar pernah mengikuti pendidikan setingkat Lemhanas saat masih berpangkat kolonel.



"Kedatangan KSAU sekaligus sebagai kunjungan nostalgia, di mana delapan tahun lalu (2014), KSAU juga menjadi Perwira Siswa DSSC di Kampus ADC," kata Indan Gilang melalui keterangan, Selasa (22/3/2022).

Prosesi pengabadian nama Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Honour Board of Distinguished Graduates ADC, dilaksanakan pada saat KSAU melaksanakan kunjungan ke ADC, di Canbera, Senin (21/3/2022) siang waktu setempat. Selain KSAU, terdapat sejumlah nama perwira tinggi bintang empat TNI AU lainnya yang juga diabadikan. Antara lain Marsekal TNI Djoko Suyanto, Marsekal TNI Imam Sufaat, dan Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia.

Pada kunjungan tersebut, KSAU juga melakukan courtesy call dengan Commander ADC AVM Stephen Edgeley. ADC menyampaikan rasa bangga karena alumni program studi DSSC itu berhasil menjadi pimpinan tertinggi TNI AU dengan pangkat bintang empat.

Baca juga: Jalin Hubungan Bilateral, KSAU Temui Sejumlah Pemimpin AU Dunia

Dalam kunjungan nostalgia tersebut, KSAU menyerahkan cendera mata kepada AVM Stephen Edgeley, berupa buku Indonesian Air Force In Picture dan suvenir khas Indonesia Gunungan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)