Prabowo Bersama Komandan Armada Militer AS Bahas Tantangan LCS dan Perang Rusia-Ukraina

Senin, 21 Maret 2022 - 20:32 WIB
loading...
Prabowo Bersama Komandan Armada Militer AS Bahas Tantangan LCS dan Perang Rusia-Ukraina
Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan Komandan Armada Militer AS di kawasan Indo-Pasifik Laksamana John C Aquilino. Foto/kemhan
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Komandan Armada Militer AS di kawasan Indo-Pasifik Laksamana John C Aquilino beserta delegasi, di Kantor Kemhan, Jakarta Pusat, Senin (21/3/2022).

Kemhan menjelaskan, pembahasan salah satunya mengenai modernisasi pertahanan, termasuk pelatihan dan pendidikan hasil kerja sama Departemen Pertahanan AS dengan Kemhan. Selain itu, turut dibahas tantangan di Laut China Selatan (LCS), strategi AS di kawasan Indo-Pasifik pada 2022, dan perkembangan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Dalam pertemuan tersebut Menhan Prabowo juga menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh pihak AS. Baik itu dalam bidang pertahanan maupun bantuan kemanusiaan yang diberikan saat bencana gempa bumi di Aceh, Padang, dan pencarian KRI Nanggala-402.



"Indonesia dan AS telah menjalin kerja sama pertahanan sejak 1950 dan pada Oktober 2020 telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di berbagai bidang," tulis Kemhan dalam keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).



Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS mencakup dialog dan konsultasi bilateral tentang isu-isu keamananan bersama, peningkatan Sumber Daya Manusia, pengembangan kapasitas keamanan maritim, kerja sama logistik dan persediaan militer, dan kerja sama maritim.

Selanjutnya, pengadaan pertahanan dan penelitian dan pengembangan bersama, profesionalisme personel, kerja sama operasi dan pelatihan pemeliharaan perdamaian, bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, serta penanganan ancaman transnasional.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)