Pangdam IV/Diponegoro Berencana Bangun Tempat Latihan Tempur di Mateseh dan Gunung Lawu

Senin, 21 Maret 2022 - 09:34 WIB
loading...
Pangdam IV/Diponegoro Berencana Bangun Tempat Latihan Tempur di Mateseh dan Gunung Lawu
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengharapkan agar pembangunan daerah latihan pertempuran kota dan hutan di Mateseh dan Gunung Lawu bisa mendapatkan dukungan Komisi I DPR RI. Foto/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengharapkan agar pembangunan daerah latihan pertempuran kota dan hutan di Mateseh dan Gunung Lawu bisa mendapatkan dukungan Komisi I DPR RI . Karena Indonesia belum mempunyai lokasi tersebut, akhirnya Kodam IV/Diponegoro biasa latihan di perkampungan atau kota yang sebenarnya tidak diperbolehkan.

"Kalau kita memiliki tempat pertempuran kota dan hutan, Insya Allah kita bisa berlatih bersama negara sahabat dengan kepala tegak dan dada kita membusung. Kalau kita bisa mewujudkan ini, selesai sudah cita-cita dan tugas saya, karena sebentar lagi saya pensiun. Semoga saya bisa mengawal itu, agar nanti adik-adik saya bisa latihan di sana," ujar Rudianto saat menerima Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I DPR RI mengunjungi Kodam IV/Diponegoro di Semarang, Jateng, Jumat (18/3/2022) lalu, dikutip melalui keterangan pers, Senin (21/3/2022).

Mendengar hal ini, Komisi I DPR RI sepakat akan mendukung Kodam IV/Diponegoro yang berencana akan membangun lokasi latihan pertempuran kota dan hutan di daerah Meteseh dan Gunung Lawu, Jawa Tengah dengan total anggaran keduanya sekitar Rp700 miliar. Komisi I DPR RI memastikan akan membawa aspirasi ini ke Jakarta dan membahasnya dalam rapat kerja dengan para mitra kerja terkait untuk dibahas.

"Saya kira tentang tempat latihan pertempuran kota dan hutan akan kita usulkan keduanya untuk dimasukkan dalam pembahasan anggaran. Mendengar usulan ini, kami telah bersepakat untuk mengusulkan hal itu, karena nantinya akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan tentara dalam hal ini," ujar Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari.

Menurut Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini pihaknya sangat mendukung pembangunan lokasi pertempuran ini. Pasalnya Indonesia dengan wilayahnya yang luas belum memiliki tempat latihan seperti ini. Padahal di kawasan ASEAN yang luas negaranya lebih kecil seperti negara Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam justru sudah punya tempat latihan pertempuran kota lebih dulu.

"Saya kira ini akan menjadi sangat menarik, karena Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan tentara kita membutuhkan untuk itu, daripada kita kalau latihan harus keluar negeri. Untuk itu, kami Komisi I DPR sangat mendukung sekali untuk mewujudkan hal ini agar tugas utama TNI nantinya dalam mengamankan negara sudah sangat siap dan terlatih," tuturnya.

Selain itu, Legislator Dapil Jateng V ini juga mengapresiasi berbagai inovasi yang telah dilakukan Pangdam IV/Diponegoro beserta seluruh jajarannya dalam menangani pandemi Covid-19, ancaman perbatasan dan separatis Papua, serta radikalisme.

"Walaupun dengan segala keterbatasan anggaran dan peralatan, tapi mereka dinilai bisa berbuat maksimal untuk masyarakat Indonesia," tandas Kharis.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0862 seconds (0.1#10.140)