Ditetapkan Tersangka Kasus Pencemaran Nama Baik Luhut, Haris dan Fatia Bakal Ajukan Praperadilan

Minggu, 20 Maret 2022 - 15:58 WIB
loading...
Ditetapkan Tersangka Kasus Pencemaran Nama Baik Luhut, Haris dan Fatia Bakal Ajukan Praperadilan
Direktur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar dan Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti bakal mengajukan praperadilan usai ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar dan Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti bakal mengajukan praperadilan usai ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan . Keduanya dilaporkan terkait video yang diunggah di akun YouTube pada Agustus 2021 berujudul "Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!".

"Jika semua mekanisme internal yang dilakukan pihak Haris Azhar dan Fatia ini tetap diabaikan atau tak berjalan efektif, kami akan menghadapinya di proses persidangan di pengadilan, dan kami akan mengajukan praperadilan," kata Tim Advokasi untuk Demokrasi, Nurkholis Hidayat, Minggu (20/3/2022).

Nurkolis menjelaskan, sebagai tersangka Haris dan Fatia telah melakukan permohonan eksaminasi atau review ke beberapa institusi guna menghentikan laju kasus dugaan pencemaran nama baik yang menjerat dua pegiat HAM itu secara sah dan legal.



"Kami sebelumnya sudah melakukan permohonan eksaminasi atau review tuk meminta penghentian kasus ini secara sah, legal, dan itu kita mintakan ke beberapa institusi, dalam hal ini kepolisian, pengawas internal, dan eksternal penyidik," tutur dia.

Pihaknya juga telah meminta Kejaksaan selaku pengawas penyidik untuk melakukan penelitian mengenai elemen akuntabilitas penyidikan selama ini.

"Komnas HAM sudah menyiapkan dan menyampaikan surat dan Ombudsman sudah meminta klarifikasi tambahan," sambungnya.

Sebelumnya Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti yang teregister di Polda Metro Jaya dengan nomor STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021.

Baca juga: Jadi Tersangka, Haris Azhar: Kehormatan bagi Saya Mengungkap Kebenaran
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1523 seconds (10.101#12.26)