Kemendagri Apresiasi Gorontalo Provinsi Pertama Lakukan Internalisasi ASN BerAKHLAK

Jum'at, 18 Maret 2022 - 21:11 WIB
loading...
Kemendagri Apresiasi Gorontalo Provinsi Pertama Lakukan Internalisasi ASN BerAKHLAK
Pemprov Gorontalo menggelar workshop Penguatan Transformasi Budaya Kerja BerAKHLAK secara hybrid, online dan offline, pada Kamis (17/3/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) mengapresiasi Pemprov Gorontalo yang merespons cepat arahan Presiden Joko Widodo dan Mendagri Tito Karnavian untuk melakukan internalisasi penerapan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN Bangga Melayani Negeri.

Upaya internalisasi ini dilakukan dengan menggelar Workshop Penguatan Transformasi Budaya Kerja BerAKHLAK secara hybrid, online dan offline, pada Kamis (17/3/2022). Dalam acara ini juga dilakukan Pengukuhan Pengurus Komwil Forsesdasi (Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia) Provinsi Gorontalo Periode 2021-2024.

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro melalui zoom meeting mengapresiasi acara ini. Kegiatan itu juga sebagai langkah tindak lanjut Kemendagri terhadap arahan Presiden Jokowi terkait Core Values ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) serta diluncurkannya 5 prioritas kerja 2019-2024. Mendagri Tito Karnavian kemudian membuat surat edaran tentang Percepatan Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Baca juga: Diklat ASN Dilatih Intelijen, Kemendagri Beri Penjelasan Begini

"Seperti yang kita tahu, bapak Presiden sudah melaunching ASN BerAKHLAK, dan kita sudah hafal semua 5 program strategis beliau atau prioritas kerjanya. Dan dua di antaranya menyangkut tema kita hari ini yaitu pembangunan sumber daya manusia dan penyederhanaan birokrasi," kata Suhajar dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Acara bertema "Melalui Forsesdasi Kita Tingkatkan Peran dan Fungsi Sekretaris Daerah Terhadap Implementasi Reformasi Birokrasi" ini dihadiri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Bupati/Wali Kota Gorontalo, Ketua dan Anggota DPRD Gorontalo, Pejabat Eselon 2 Gorontalo, Kepala Bagian Organisasi Gorontalo, Camat dan Lurah Gorontalo beserta jajaran petinggi lainnya, dan para ASN di Gorontalo.

Pakar pembangunan karakter, Ary Ginanjar Agustian yang hadir melalui zoom meeting, menjelaskan bagaimana caranya mentransformasikan pemerintahan berkelas dunia di 2025. Menurutnya, sesuai hasil riset Peter F Drucker, seorang pakar manajemen dunia, kuncinya adalah manajemen yang baik.

Baca juga: Klaster Pertama 60 Ribu ASN Dipindah ke Ibu Kota Baru Tahun Depan

"Ternyata kuncinya adalah If We Talk About Management We Talk About Human Behavior and Human Institution. Artinya jika kita bicara managemen, kita bicara tentang manusianya. Maka benar itu dalam lagu Indonesia Raya, bangunlah jiwanya, bangunlah badannya," kata founder ESQ Leadership Centre dari lantai 23 Menara 165.

Sementara itu, Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba mengapresiasi kerja keras seluruh petinggi serta ASN di Gorontalo. "Atas nama Gubernur dan Wagub Gorontalo, serta saya mengapresiasi penuh acara hari ini. Tema kali ini juga baru terjadi sekarang, yaitu untuk peningkatan ASN BerAKHLAK yang bersejarah ini. Karena disaksikan langsung dari Sabang hingga Merauke. InsyaAllah ini dimulai dari Provinsi Gorontalo dulu," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)