Prosesi Adat Kutai Kertanegara Sambut Jokowi saat Tiba di Titik Nol

Senin, 14 Maret 2022 - 09:42 WIB
loading...
Prosesi Adat Kutai Kertanegara Sambut Jokowi saat Tiba di Titik Nol
Presiden Jokowi tiba di Titik Nol Kawasan IKN Nusantara. Foto/Youtube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi tiba di Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Saat tiba, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut Sultan Kutai Kertanegara Ing Martadipura yang ke XXI Aji Muhammad Arifin dengan prosesi adat tepung tawar dan ketikai lepas.

Prosesi adat ini bermakna melindungi, membersihkan permohonan untuk dijauhkan dari marabahaya serta selalu mendapat Rahmat lindungan dari Yang Maha Esa.

Dari pantauan YouTube Sekretariat Presiden, Presiden melakukan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara. Air dan tanah tersebut dibawa oleh Gubernur se Indonesia. Masing-masing 34 Gubenur langsung memberikan tanah dan air tersebut kepada Presiden Jokowi untuk disatukan di dalam bejana Nusantara.



Beberapa kepala daerah tingkat provinsi yang hadir di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Perwakilan Gubernur Papua, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan beberapa Gubernur provinsi lainnya.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan persnya di Balikpapan, Minggu (13/3/2022) malam menjelaskan bahwa tanah dan air tersebut sebelumnya telah dibawa oleh gubernur dari masing-masing provinsi. Pengambilan tanah dan air diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal dan budaya masing-masing.

"Di sana nanti di hari Senin pagi itu bersama para gubernur dan tokoh masyarakat setempat ada sebuah prosesi di mana intinya adalah kita berdoa dan tentunya memohon kepada Allah Swt., supaya program yang besar ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya semua elemen masyarakat bisa mendukung," kata Heru.



Selepas acara tersebut, Presiden dan para gubernur juga dijadwalkan untuk melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Dalam kesempatan tersebut, setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing. Pada malam harinya, Presiden direncanakan untuk bermalam di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.Prosesi Adat Kuta Kertanegara Sambut Jokowi saat TIba di Titik Nol
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)