Danpaspampres Ungkap Persiapan Khusus Camping Jokowi, Apa Saja?

Senin, 14 Maret 2022 - 05:04 WIB
loading...
Danpaspampres Ungkap Persiapan Khusus Camping Jokowi, Apa Saja?
Danpaspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengungkapkan sejumlah persiapan khusus kegiatan camping Presiden Joko Widodo (Jokowi) di titik nol lokasi IKN Nusantara, Kaltim. Foto/Istimewa
A A A
BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar kegiatan camping di titik nol lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara , Kalimantan Timur (Kaltim). Jokowi camping bersama dengan jajaran menteri dan gubernur dari berbagai provinsi pada 13-15 Maret 2022.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengklaim bahwa tenda yang disiapkan untuk Jokowi sederhana. Namun, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengungkapkan sejumlah persiapan khusus, mulai dari protokol kesehatan (prokes), fogging malaria hingga menyiapkan bisa anti ular. Baca juga: Istana: Presiden Bermalam dengan Tenda Sederhana di IKN



Tri Budi menjelaskan bahwa semua personel yang nanti akan masuk ke IKN diwajibkan untuk melakukan tes usap. Sehingga, meskipun acara dilakukan di alam terbuka, protokol kesehatan (prokes) tetap dilakukan dengan ketat.

"Jadi protokol kesehatan tetap kita laksanakan di sana meskipun itu tempatnya ada di sekitaran hutan yang mungkin udaranya juga cukup, tapi itu sudah menjadi protap bagi kami siapa pun yang merapat di sekitaran Bapak Presiden harus melakukan protokol kesehatan dengan ketat," ujar Tri Budi dalam konferensi pers secara daring dari Balikpapan, Kaltim, Minggu (13/3/2022) malam.

Kemudian, Tri Budi melanjutkan di lokasi kemah Paspampres juga sudah melaksanakan tindakan-tindakan pencegahan, seperti untuk malaria sudah dilakukan fogging, di sekitaran tenda-tenda terutama di sekitar tenda VVIP sudah disebarkan juga seperti garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata, dan juga menyiapkan anti bisa ular.

"Itu pun juga kita siapkan bisa anti ular yang juga akan berguna, namun mudah-mudahan tidak terpakai dan kita semua dalam keadaan aman," harapnya.

Tri Budi menjelaskan, keamanan dari lingkaran 2 dan 3, Paspampres sudah berkoordinasi secara ketat dengan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto. Baca juga: DPD RI Minta KPK Usut Dugaan Bagi-bagi Kaveling di Lokasi IKN

"Mudah-mudahan di ring 2 dan 3 ini sudah tercover sehingga keamanan di ring 1 bisa sangat menjamin untuk keamanan beliau," tandasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)