Selama Pandemi Jumlah Warga Obesitas di Indonesia Meningkat

Kamis, 10 Maret 2022 - 22:55 WIB
loading...
Selama Pandemi Jumlah Warga Obesitas di Indonesia Meningkat
Jumlah warga yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas di Indonesia mengalami kenaikan selama Pandemi Covid-19. Termasuk kelompok masyarakat miskin. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Jumlah warga yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas di Indonesia mengalami kenaikan selama pandemi Covid-19. Termasuk pada kelompok masyarakat dan rumah tangga miskin.

Baca juga: Mitigasi Dampak Pandemi, Ini Langkah OJK

Padahal menurut Organisasi PBB untuk kesejahteraan anak, UNICEF, pola makan yang sehat harus diprioritaskan dalam upaya pemulihan Covid-19.

Baca juga: Pemerintah Diminta Optimal Tangani Dampak Pandemi Corona

Perwakilan Sementara UNICEF Robert Gass, mengatakan di Indonesia saat ini akses yang makin mudah dan biaya yang makin terjangkau atas makanan tidak sehat yang tinggi lemak, gula, dan garam adalah penyebab utama malnutrisi.



Berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2018, memperkirakan satu dari lima orang dewasa, satu dari lima anak berusia 5-12 tahun, dan satu dari tujuh remaja berusia 13-18 tahun di Indonesia mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Tren ini diperparah oleh Pandemi Covid-19. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat menyulitkan akses anak dan remaja ke makanan sehat, ataupun untuk tetap aktif secara fisik.

Survei tahun 2020 yang dilaksanakan terhadap rumah tangga berpendapatan rendah di kawasan perkotaan di Jakarta menemukan bahwa makanan bergizi seperti buah dan sayur, daging sapi dan ikan, dan kacang-kacangan yang dikonsumsi anak-anak selama pandemi lebih sedikit dibandingkan tahun 2018.

"Ada jutaan anak yang menyantap makanan yang salah dan ini tidak sejalan dengan hak mereka untuk mendapatkan gizi yang cukup, selain dapat mengakibatkan konsekuensi kesehatan yang berat dan berjangka panjang," kata Robert, Kamis (10/3/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1463 seconds (10.177#12.26)