Cegah Pernikahan Dini di Bintan, Ketum PKK Resmikan Posyandu Remaja Mawar

Kamis, 10 Maret 2022 - 16:47 WIB
loading...
Cegah Pernikahan Dini di Bintan, Ketum PKK Resmikan Posyandu Remaja Mawar
Ketua Umum Tim Penggerak TP PKK Tri Tito Karnavian meresmikan Posyandu Remaja Mawar di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepri. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK ) Tri Tito Karnavian meresmikan Pos Pelayanan Terpadu ( Posyandu ) Remaja 'Mawar' di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (8/3/2022). Keberadaan Posyandu ini diharapkan dapat mencegah praktik pernikahan dini.

Tri menjelaskan, pernikahan dini merupakan salah satu isu yang mencuat di kalangan remaja. Padahal, kondisi itu dapat berdampak terhadap kurang siapnya pasangan remaja dalam menjalani rumah tangga.

"Mereka mungkin tidak memikirkan bahwa menikah itu tidak hanya sampai menikah dan punya anak, tapi ada tanggung jawab yang lebih besar bagaimana membina keluarga yang sehat, sehingga menghasilkan generasi yang hebat," kata Tri dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (10/3/2022).



Tri berharap Posyandu Mawar menjadi tempat bagi seluruh masyarakat sekitar untuk mendapat pelayanan kesehatan dasar. Tidak hanya bagi anak berusia di bawah lima tahun (balita), masyarakat lanjut usia (lansia), ibu hamil, tetapi juga para remaja.

Selain itu, Tri mengaku bahagia bisa berkunjung ke Posyandu Mawar yang merupakan salah satu posyandu terbaik di Indonesia. Dirinya mengaku telah berkunjung ke posyandu di sejumlah daerah, dan Posyandu Mawar menjadi salah satu fasilitas yang terbilang mendapatkan perhatian. Perhatian itu tak hanya dari pemerintah daerah (pemda), PKK, tapi juga masyarakat sekitar.

"Tentunya kami memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah kabupaten yang telah ikut mendukung kegiatan posyandu ini, karena kita lihat saya mendengar ada 70 anak yang dilayani di sini, selain juga lansia dan hari ini ternyata juga bertambah maju dengan membuka layanan untuk remaja," kata Tri.

Baca juga: Posyandu Tiara Desa Timbuolo Raih Peringkat Pertama Pelaksana Terbaik Posyandu Nasional

Selain meresmikan Posyandu Remaja Mawar, dalam kesempatan itu Tri juga meresmikan Dapur Sehat atasi Stunting atau disingkat Dahsat. Tri juga membagikan bantuan bagi lansia, ibu hamil, anak stunting, buku bacaan untuk anak, dan lainnya. Dalam kunjungan itu, Tri sempat meninjau pelayanan Posyandu Mawar, berdialog dengan para pengurus, dan para pengguna posyandu.

Bantuan dan kunjungan tersebut merupakan bagian dari momen peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50. Adapun kunjungan Ketua Umum TP PKK ke Posyandu Mawar tersebut didampingi Ketua TP PKK Kepri Dewi Kumalasari Ansar, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan, serta rombongan lainnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)