Profil Bambang Susantono, Calon Kuat Kepala Otorita IKN Nusantara Pilihan Jokowi

Rabu, 09 Maret 2022 - 17:48 WIB
loading...
Profil Bambang Susantono, Calon Kuat Kepala Otorita IKN Nusantara Pilihan Jokowi
Bambang Susantono dikabarkan dipilih menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bambang Susantono dikabarkan telah dipilih Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara . Isu yang beredar, pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara, Kamis (10/3/2022).

"Iya infonya begitu," kata sumber kepada MNC Portal, Rabu (9/3/2022).

Bambang Susantono bukanlah nama asing di lingkungan birokrasi Indonesia. Pria kelahiran Yogyakarta, 4 November 1963 dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Tak heran jika ia kemudian diangkat menjadi Wakil Menteri Perhubungan (7 November 2009–20 Oktober 2014) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bambang juga sempat menjabat sebentar sebagai Plt Menteri Perhubungan (1 Oktober 2014–20 Oktober 2014) setelah EE Mangindaan mengundurkan diri karena terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019.

Bambang mengawali karier sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum setelah lulus dari Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004-2010 ini kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas California Berkeley. Ia lulus pada 1996 dan mendapatkan gelar Master Tata Kota dan Wilayah. Pada 1998, Bambang Susantono meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi dari universitas yang sama.



Tak berhenti di situ, pengajar di Program Pascasarjana Bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia ini melanjutkan pendidikan doktoralnya pada tahun 2000 di Universitas California. Setelah lulus ia menyandang gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur.

Disiplin ilmu yang digeluti membawa karier Bambang melesat. Sebelum ditunjuk menjadi Wakil Menhub, dia menjabat Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada tahun 2007-2010.

Bambang juga dikenal aktif di organisasi yang berhubungan dengan transportasi dunia. Tercatat, ia pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS). Bahkan Bambang juga menjadi anggota Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan, yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Bambang telah menulis beberapa buku bertema infrastruktur dan transportasi. Antara lain Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah; 1001 Wajah Transportasi Kita; Strategi dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah; dan Memacu Infrastruktur di Tengah Krisis.

Baca juga: Jokowi Lantik Kepala Otorita IKN Nusantara Besok, Bambang Susantono?

Atas dedikasinya di bidang infrastruktur dan transportasi Bambang Susantono meraih sejumlah penghargaan, yakni Satyalencana Karya Satya, Satyalencana Wira Karya, dan Satyalencana Pembangunan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)