Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Pancasila

Sabtu, 05 Maret 2022 - 06:47 WIB
loading...
A A A
Dengan demikian, kondisi masyarakat Indonesia yang beragam tersebut memerlukan alat pemersatu yang akan menyatukan seluruh masyarakat Indonesia agar tidak terpecah belah.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak keberagaman dan perbedaan, sehingga perlu adanya persatuan dan kesatuan. Karena itu, penting untuk memiliki sikap persatuan dan kesatuan antarsesama masyarakat demi menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mudah terpecah belah.

Persatuan dan kesatuan adalah tombak untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur. Dengan demikian, persatuan dan kesatuan yaitu mengabaikan segala bentuk perbedaan. Artinya di negara yang beragam baik sosial, ekonomi, dan budaya persatuan menjadi modal utama dalam membangun kekuatan negara.

Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan sesuatu yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup suatu bangsa. Walaupun kini Indonesia telah menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, namun upaya untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan terus dikampanyekan dengan sejumlah kegiatan.
(maf)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2418 seconds (10.177#12.26)