Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Pancasila

Sabtu, 05 Maret 2022 - 06:47 WIB
loading...
Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Pancasila
Makna persatuan dan kesatuan bangsa dalam Pancasila sudah sepatutnya dipahami oleh setiap warga negara Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Makna persatuan dan kesatuan bangsa dalam Pancasila sudah sepatutnya dipahami oleh setiap warga negara Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila mempunyai kedudukan yang istimewa dalam kenegaraan dan hukum bangsa Indonesia yang fundamental.

Baca juga: Perayaan Tahun Baru Imlek, Partai Perindo: Wujud Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Tengah Keberagaman

Dilansir dari jabarprov.go.id, berikut makna persatuan dan kesatuan bangsa dalam pancasila. Sila pertama memaparkan, keberagaman agama. Di mana setiap masyarakat bebas memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing serta saling menghormati pilihannya.

Baca juga: Bertemu Ketua KWI, Gus Muhaimin: Saya Sowan untuk Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Kemudian sila kedua mengenai persamaan hak dan kewajiban sebagai warga negara dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Selanjutnya sila ketiga, merupakan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Lalu, sila keempat menghormati perbedaan pandangan, menerima aspirasi dan mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan serta dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Untuk sila kelima, saling berkolaborasi, bekerja keras, dan inovatif dalam mengembangkan usaha bersama dengan semangat gotong royong.

Hal ini lantaran keragaman tak bisa dihindari dari bangsa Indonesia, karena ditinjau dari letak geografisnya negara Indonesia memang sangat memungkinkan untuk terjadinya perbedaan.

Untuk mengantisipasi konflik karena beragam perbedaan itu, maka persatuan dan kesatuan harus dijunjung di mana pun berada. Sehingga, tidak mengganggu ketertiban masyarakat.

Bangsa Indonesia dianugerahi sebagai bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, adat dan golongan. Agar kemajemukan itu tidak menimbulkan konflik. Maka, semenjak bangsa Indonesia merdeka, Indonesia dilandasi UUD 1945 dan Pancasila.

Sebagai alat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, serta tercapainya masyarakat yang aman, damai dan tentram.

Dengan demikian, kondisi masyarakat Indonesia yang beragam tersebut memerlukan alat pemersatu yang akan menyatukan seluruh masyarakat Indonesia agar tidak terpecah belah.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak keberagaman dan perbedaan, sehingga perlu adanya persatuan dan kesatuan. Karena itu, penting untuk memiliki sikap persatuan dan kesatuan antarsesama masyarakat demi menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mudah terpecah belah.

Persatuan dan kesatuan adalah tombak untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur. Dengan demikian, persatuan dan kesatuan yaitu mengabaikan segala bentuk perbedaan. Artinya di negara yang beragam baik sosial, ekonomi, dan budaya persatuan menjadi modal utama dalam membangun kekuatan negara.

Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan sesuatu yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup suatu bangsa. Walaupun kini Indonesia telah menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, namun upaya untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan terus dikampanyekan dengan sejumlah kegiatan.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2636 seconds (11.252#12.26)