Isra Mi'raj, Momen Tingkatkan Silaturahmi dan Literasi

Jum'at, 04 Maret 2022 - 21:36 WIB
loading...
Isra Miraj, Momen Tingkatkan Silaturahmi dan Literasi
Kepala Pusat Pendidikan Karakter UNJ Andy Hadiyanto dalam Webinar Partai Perindo dengan tema Isra Miraj dan Pembangunan Karakter Bangsa, Jumat(4/3/2022). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Peringatan Isra Mi'raj menjadi momen untuk lebih mempererat tali silaturahmi. Pasalnya, terdapat nilai-nilai yang mengajarkan tali silaturahmi dalam momen Isra Mi'raj.

Kepala Pusat Pendidikan Karakter UNJ Andy Hadiyanto mengatakan, Isra Mi'raj mengajarkan kepada manusia terkait pentingnya silaturahmi. Dijelaskannya, silaturahmi itu tidak hanya antar manusia, melainkan dengan semua makhluk hidup.

“Isra Miraj ini mengajarkan silaturahmi antara generasi, umat manusia, ciptaan Allah. Karena sesungguhnya kita ini diciptakan bersaudara sebagai sesama hamba Allah,” kata Andy dalam Webinar Partai Perindo dengan tema Isra Mi'raj dan Pembangunan Karakter Bangsa, Jumat (4/3/2022).





Ketika silaturahmi sudah terjalin dengan baik, kata dia, akan bisa menciptakan kedamaian antar manusia. Dengan silaturahmi, akan mampu meminimalisir konflik antar golongan.

“Kalau kita mau untuk mengedepankan prinsip silaturahmi, kita bisa meminimalisir konflik. Tanpa konflik, membangun peradaban itu lebih mudah. Bagaimana kita membangun sains dan teknologi. Dengan mengedepankan silaturahmi, harapannya peradaban semakin maju,” tuturnya.

Dalam Isra Mi'raj juga mengandung nilai-nilai literasi. Ketika silaturahmi dan literasi sudah tertanam pada setiap golongan, lanjut dia, kemaslahatan akan terbuka lebar bisa diwujudkan.

“Bagaimana kita selaku umat Islam, hamba Allah, selaku warga bangsa harus memiliki kemampuan membaca semua hal dengan baik. Proses pembacaan itu dilakukan secara mendalam, berbagai perspektif. Dengan penuh kesabaran,” imbuhnya.

“Sehingga melahirkan produk-produk yang justru memberikan kemaslahatan bagi umat manusia. Bukan bersikap secara reaktif, tetapi justru dengan literasi,” lanjut Andy.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)