Din Syamsuddin Dirikan Partai Pelita, Begini Penilaian Anwar Abbas

Rabu, 02 Maret 2022 - 18:22 WIB
loading...
Din Syamsuddin Dirikan Partai Pelita, Begini Penilaian Anwar Abbas
Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mendirikan Partai Pelita. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mendirikan Partai Pelita. Di partai itu, Din menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawarahan Partai (MPP) Pelita.

Menanggapi hal itu, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan bahwa Din Syamsuddin adalah warga negara Indonesia. “Jadi kalau beliau mendirikan partai, ya tentu boleh-boleh saja, apalagi itu dijamin oleh UUD, asal sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku,” kata Anwar Abbas kepada SINDOnews, Rabu (2/3/2022).

Sepengetahuan Anwar Abbas, Din Syamsuddin tidak punya niatan untuk mendirikan sebuah partai politik. Anwar juga menilai sebenarnya Din Syamsuddin tidak ingin lagi untuk berkecimpung dalam kehidupan kepartaian.

Baca juga: Partai Pelita Resmi Dideklarasikan, Din Syamsuddin Jabat Ketua Majelis Permusyawaratan Partai



“Karena menurutnya cukuplah partai-partai yang ada yang di-backup. Oleh karena itu, kalau Pak Din sudah sampai mengambil inisiatif untuk mendirikan partai, itu bagi saya suatu pertanda bahwa Pak Din sudah hopeless, atau kecewa, atau tidak lagi bisa berharap kepada partai-partai yang ada,” kata Anwar Abbas.

Anwar Abbas menambahkan, Din Syamsuddin mungkin melihat partai-partai yang ada saat ini sudah sangat pragmatis dan tidak lagi berjuang membela rakyat, tapi lebih banyak membela kepentingan oligarki, baik oligarki politik maupun oligarki ekonomi. “Dan itu tentu saja menurut beliau jelas tidak baik dan tidak sehat bagi perjalanan sebuah demokrasi yang memiliki prinsip dari rakyat bersama rakyat dan untuk rakyat,” ungkap wakil ketua umum MUI ini.
(rca)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3936 seconds (11.97#12.26)