Indonesia Perlu Belajar Banyak dari Perang Ukraina Vs Rusia

Rabu, 02 Maret 2022 - 14:06 WIB
loading...
Indonesia Perlu Belajar Banyak dari Perang Ukraina Vs Rusia
Tentara Garda Nasional Ukraina bersiaga di Kiev tengah, setelah Rusia melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap Ukraina, 25 Februari 2022. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Indonesia dinilai perlu belajar banyak dari konflik antara Ukraina dengan Rusia saat ini. Sebab, posisi Indonesia saat ini dinilai seperti Rusia.

“Kita mesti belajar banyak dari posisi Ukraina dan Rusia hari ini, karena Indonesia sama posisinya. Ukraina karena dia besar, sisi barat dan sisi timur tuh punya perbedaan,“ ujar Pengamat Pertahanan dan Militer Connie Rahakundini Bakrie dikutip dari Kanal YouTube Helmy Yahya Bicara pada Rabu (2/3/2022).

Connie mengungkapkan orang Ukraina di sisi barat lebih merasa Eropa, sedangkan di sisi timur merasa lebih ke Rusia. Kemudian, kata dia, kelompok pemberontak Ukraina berada di sisi timur.





“Bedanya apa kita sama Rusia hari ini? Kita dikelilingi FPDA, ada Singapura, ada Malaysia, ada Australia,” kata Connie.

Adapun FPDA atau Five Power Defense Arrangement merupakan sebuah pakta pertahanan yang beranggotakan Inggris, Australia, Selandia Baru, Malaysia, dan Singapura. “Kita dikelilingi The Quad, ada India, ada Jepang, ada Australia lagi, ada UK, kita dikelilingi lagi AUKUS, nah ini kan semua sebenarnya root-nya sama,” imbuhnya.

Diketahui, The Quad adalah empat negara di Kawasan Indo-Pasifik yakni Australia, India, Jepang, dan Amerika Serikat. Sedangkan AUKUS merupakan sebuah perjanjian keamanan trilateral antara Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.



“Jadi, kalau mereka bergabung, ya artinya kita dikepung. Kita lihat aja kita, di sini Australia, di situ Filipina, di sini siapa kan coba posisinya?” ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)