Konflik Rusia-Ukraina, Ini Ramalan Prabowo tentang Perang Generasi Keenam

Senin, 28 Februari 2022 - 10:21 WIB
loading...
A A A
Tetapi ucapan jenderal tadi meleset. Pada Desember 1975 pecah perang di Timor-Timur (kini Timor Leste). Pada Maret 1976, Prabowo yang telah selesai pendidikan kecabangan dasar, Para Komando dan lainnya bahkan diterjunkan dalam operasi di wilayah tersebut.

“Bulan Maret saya tiba di Tim-tim. Belum satu tahun ramalan jenderal itu tidak benar,” ucap Prabowo.

Berkaca dari pengalaman itu, lulusan Akmil 1974 ini menegaskan Indonesia harus selalu dalam keadaan siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Meskipun dalam kondisi damai, tidak berarti potensi terjadi perang sama sekali tidak ada.

Dalam buku Generasi Perang Keenam, Prabowo menegaskan semakin tinggi teknologi alutsista, jarak medan perang semakin jauh alias tidak perlu lagi bertemu secara fisik. Daya jelajah rudal, misalnya, bahkan bisa menembus antarbenua.

“Belum lagi semakin menguatnya perang siber, digital, artificial intelligence yang bergerak tanpa batas tapi memiliki dampak yang setara dengan senjata kinetik. Pendeknya, perang masa depan adalah perang berbasis kecanggihan teknologi (revolution in military affairs),” ucapnya.

Hal senada dilontarkan mantan KSAL Laksamana TNI (Purn) Marsetio. Lulusan terbaik AAL 1981 ini menuturkan sekarang ini sejatinya sedang berlangsung perang dunia tanpa banyak yang menyadarinya. Bentuk perang yaitu non-contact warfare alias perang non-kontak.

“Dalam sejarah peperangan umat manusia, penggunaan senjata biologi berupa kuman dan virus bukan lah sesuatu yang baru karena telah digunakan sejak perang generasi pertama, bahkan jauh sebeum generasi perang modern,” tutupnya.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)