Perang Rusia Vs Ukraina, Ini Cerita Mahasiswa Indonesia di Negeri Beruang Merah

Senin, 28 Februari 2022 - 00:01 WIB
loading...
Perang Rusia Vs Ukraina, Ini Cerita Mahasiswa Indonesia di Negeri Beruang Merah
Cerita mahasiswa Indonesia di Rusia terkait perang Rusia Vs Ukraina. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rusia melakukan gencatan senjata kepada Ukraina setelah Presiden Vladimir Putin menyatakan operasi militer. Akibat perang tersebut bagaimana kondisi masyarakat Indonesia yang ada di Rusia?.

Jurnalis MNC Portal Indonesia (MPI) secara langsung mendapat informasi mengenai kondisi terkini situasi yang terjadi di Rusia oleh Dedy Ibmar mahasiswa Filsafat di salah satu Universitas di Rusia.

Alumni UIN Jakarta itu menyebut saat ini kodisi di Rusia dalam keadaan normal.Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa sama seperti sebelum terjadinya perang.

”Semua normal disini. Masyarakat beraktivitas seperti biasa. Saya sendiri masih kuliah seperti biasanya,” kata Dedy, Minggu (27/2/2022).

Penerima beasiswa dari pemerintah Rusia itu mengaku sebelumnya dia sempat berpikir akan terjadi sesuatu akibat dampak dari gencatan senjata tersebut. Namun, hingga saat ini tidak ada peringatan apa pun yang dikeluarkan oleh pemerintah.

”Tidak ada peringatan apapun dari pemerintah. Semua benar-benar seperti tidak terjadi apa-apa,” jelasnya.

Tidak hanya di tempat dia tinggal Kota Ekaterinburg yang berada jauh di lokasi, kawasan yang lebih dekat dari perbatasan juga dikatakan dalam kondisi stabil.

”Mungkin karena kota saya cukup jauh dari perbatasan Rusia-Ukraina, tapi teman saya yang ada di Rostov daerah perbatasan juga mengatakan semuanya normal seperti biasa,” jelasnya.

Konflik Rusia-Ukraina kemudian meluas. Pasukan Moskow terus bergerak dan mulai memasuki Ibu kota, Kiev dan kini Kharkiv. Pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina pun tak bisa dihindari. Hingga kini, pemerintah Ukraina menyebut banyak warga sipil yang meninggal, termasuk tiga anak-anak.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2795 seconds (0.1#10.140)