Posisi Irjen Kemhan Diganti Panglima TNI, Letjen Ida Bagus Purwalaksana Masuk Masa Pensiun

Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:03 WIB
loading...
Posisi Irjen Kemhan Diganti Panglima TNI, Letjen Ida Bagus Purwalaksana Masuk Masa Pensiun
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memutasi sebanyak 100 perwira tinggi (Pati) TNI. Salah satunya adalah Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana. Foto/Kemhan
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memutasi sebanyak 100 perwira tinggi (Pati) TNI . Salah satunya adalah Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana.

Mutasi ini tertuang di dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/179/II/2022 tertanggal 25 Februari 2022. Dalam. Surat keputusan itu, Ida Bagus dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD karena memasuki masa pensiun.

Dalam Surat Keputusan tersebut, belum diketahui siapa Pati yang menggantikan posisi Ida Bagus sebagai Irjen Kemhan. Pati kelahiran Cimahi 5 Februari 1965 ini dalam karier militernya telah menduduki beberapa jabatan di beberapa satuan baik itu Kostrad maupun Kopassus.



Kariernya dimulai saat menjadi Danton II Kipan C Yonif 305/K, Dankipan B Yonif 328/ Kostrad, Kasi IV Grup I Kopassus, Wadanyon 11 Grup I Kopassus, Wadan Satgas Tribuana Vii, Danyonif 328/Kostrad, dan Pabandya Sintel Kostrad.

Kemudian, dia sempat menjabat sebagai Dandim 0419/Tanjab Rem 042, Waasops Kasdam VI/Tanjungpura, Kasbrigif Linud 17/Kostrad, Danbrigif Linud 17/Kostrad, dan Pamen Denma Mabesad.

Selepas non job, dirinya didapuk sebagai Asops Kasdam VII/Wirabuana, Danrem 163/Wira Satya, dan Dankorsis Seskoad. Kariernya di Kemhan dimulai saat menjabat Kepala Biro Tata Usaha Rotu Setjen Kemhan dan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kemhan.

Sebelum menjabat sebagai Irjen Kemhan, sosok yang yang berpengalaman di bidang infanteri ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan (Dirjen Kuathan) Kemhan.

Ida Bagus dilantik sebagai Irjen Kemhan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada tanggal 12 Desember 2019. Kala itu, dia menggantikan pejabat lama Laksda TNI (Purn) Didit Herdiawan.

Pendidikan yang ditempuh setelah lulus dari Akademi Militer Tahun 1987, di antaranya Latsar Para, Inf Course, Sus Freefall, Combat Instrcourse, Sus Bahasa Inggris, Suslapa I Inf, Sus Komando, Sus Selam, Diklapa II Inf, Seskoad, Sus Danyon Inf, Susdandim, Sus dan Renstra, Sus Danbrig, Sesko TNI, dan Lemhannas.

Tanda jasa yang telah diterima atas pengabdiannya kepada bangsa dan negara antara lain Satyalancana Kesetiaan VIII Tahun, Satyalancana Kesetiaan XVI Tahun, Satyalancana Seroja I, dan Satyalencana Dharmanusa.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2239 seconds (0.1#10.140)