Perindo Gelar Pelatihan Public Speaking, Hary Tanoesoedibjo Beberkan 3 Hal Penting

Jum'at, 25 Februari 2022 - 19:20 WIB
loading...
Perindo Gelar Pelatihan Public Speaking, Hary Tanoesoedibjo Beberkan 3 Hal Penting
Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo membeberkan tiga hal utama dalam public speaking dalam acara pelatihan public speaking dan pemberitaan via daring kepada para kadernya se-Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menghelat acara pelatihan public speaking dan pemberitaan via daring kepada para kadernya se-Indonesia. Pelatihan ini ditujukan agar terciptanya jubir-jubir partai yang handal di setiap pimpinan wilayah Partai Perindo.

Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo membeberkan tiga hal utama dalam public speaking. HT sapaan akrabnya menyampaikan hal penting yang pertama ialah penguasaan materi atau masalah yang ingin dikomunikasikan.

"Kita tidak mungkin bisa meyakinkan lawan bicara jika kita tidak yakin dengan apa yang ingin kita sampaikan," ujar HT menjelaskan saat memberikan sambutan acara via daring, Jumat (25/2/2022).



Dia menekankan materi yang hendak disampaikan maka perlu dipelajari dahulu sebelum berbicara. Proses pemahaman ini diperlukan, menurutnya, agar bisa mensinkronisasikan dengan situasi yang sedang dihadapi.

"Yang kedua, skill dalam menyampaikan pesannya. Harus disampaikan dengan singkat, padat, jelas meyakinkan dan tidak bertele-tele. Hal ini dilakukan agar memberikan ruang bertanya bagi orang lain," tuturnya menyampaikan poin kedua.

HT menilai penyampaian yang terlalu lama sehingga membuat pendengar menjadi bosan. Baginya, orang lain yang mendengar hanya ingin menangkap garis besar dari pesan yang disampaikan oleh pembicara.

"Pada hal yang ketiga, bicara itu gaya bahasanya harus harus menyesuaikan dengan siapa yang kita ajak bicara," jelasnya.

Dia mencontohkan jika berbicara dengan mahasiswa maka kita boleh menggunakan istilah akademis. Begitupula ketika berhadapan dengan pejabat atau petani, HT menekankan penyesuaian bahasa diperlukan sehingga komunikasi lebih mudah dipahami.

"Jadi istilah di dunia marketing itu know your client atau know your audience. Kita harus kenal dengan audiens yang kita ajak bicara," katanya.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB dan dihadiri oleh kader-kader Partai Perindo yang tersebar di seluruh Indonesia. Para pesertanya terdiri dari anggota dan kader Partai Perindo; Jubir Nasional DPP Perindo; pengurus wilayah dan anggota DPRD Partai Perindo. Baca juga: Adakan Pelatihan Public Speaking dan Pemberitaan, Perindo: Kami Ingin Memiliki Jubir Partai di Daerah

Pelatihan tersebut menghadiri sejumlah pembicara yang kompeten di bidangnya yakni, Stafsus Ketum Partai Perindo Bidang Media Management, Sylviana Pravita; Chief of Content BuddyKu, Tommy Tjokro; Kadiv News Gathering TV MNC Group, Geong Rusdianto' dan Pemred Koran SINDO, Pung Purwanto.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)