Jokowi: Indonesia Harus Jadi Bangsa yang Tangguh Hadapi Bencana

Rabu, 23 Februari 2022 - 09:45 WIB
loading...
Jokowi: Indonesia Harus Jadi Bangsa yang Tangguh Hadapi Bencana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia harus menjadi bangsa yang tangguh terhadap bencana. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan bahwa Indonesia harus menjadi bangsa yang tangguh terhadap bencana. Indonesia termasuk 35 negara yang paling rawan risiko bencana.

"Hampir setiap hari ada bencana di beberapa wilayah di negara kita Indonesia," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ), Rabu (23/2/2022).

Menurut Jokowi, risiko kerugian akibat bencana tersebut juga berdampak besar baik dalam jumlah korban maupun kerugian material. Maka itu, Jokowi meminta agar penanggulangan bencana dilakukan secara terpadu, secara sistematik dan rencana induk penanggulangan bencana tahun 2020 - 2044 harus dilaksanakan dengan penuh komitmen penuh tanggung jawab.





Semua tahapan harus dilaksanakan secara disiplin dan konsisten, agar Indonesia menjadi bangsa yang tangguh. "Indonesia harus menjadi bangsa yang tangguh terhadap bencana," jelasnya.

Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada BNPB serta BPBD yang telah berdedikasi membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai bencana termasuk Covid-19.

Diketahui, dalam rangka mewujudkan ketahanan bangsa terhadap bencana, BNPB menggelar Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana tahun 2022 yang mengangkat tema Meningkatkan Kolaborasi dan Integrasi dalam Mewujudkan Ketangguhan Bangsa Menghadapi Bencana.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)